Show simple item record

dc.contributor.advisorNurhadryani, Yani
dc.contributor.advisorWahjuni, Sri
dc.contributor.authorRahma, Yunita
dc.date.accessioned2018-04-18T07:30:25Z
dc.date.available2018-04-18T07:30:25Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/91497
dc.description.abstractPelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) merupakan penyeleggaraan pelayanan publik di kecamatan. Penyelenggaraan PATEN bertujuan meningkatkan kualitas dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Pelayanan masyarakat di era ini sudah seharusnya diimbangi dengan penggunaan teknologi informasi. Pada Pemeringkatan e-Government Indonesia (PeGI) Kabupaten/ Kota di wilayah Provinsi Jawa Barat pada tahun 2014, Kota Bogor berada pada peringkat ke-2 setelah Kota Cimahi. PeGI melakukan pemeringkatan berdasarkan beberapa dimensi yaitu kebijakan, kelembagaan, aplikasi, perencanaan dan dimensi infrastruktur. Berdasarkan kategori penilaian secara keseluruhan untuk dimensi infrastrukur, nilai rata-rata dimensi infrastruktur berada dalam kategori kurang baik. Penelitian ini bertujuan melakukan evaluasi terhadap tingkat kesiapan infrastruktur pemerintah Kota Bogor dalam penerapan e-government, memberikan rekomendasi perbaikan infrastruktur local government. Pelaksanaan dilakukan dengan wawancara dan menyebarkan kuesioner di Dinas Komunikasi, infromatika, statistik dan persandian (Diskominfo), dan Kantor Kecamatan di wilayah Kota Bogor. Evaluasi pengukuran tingkat kesiapan infrastruktur pada penelitian ini menggunakan framework COBIT 5. Proses TI yang digunakan dalam evaluasi kesiapan infrastruktur pada penelitian ini menggunakan 5 domain dalam COBIT 5. Proses tersebut adalah manajemen inovasi, manajemen ketersediaan dan kapasitas, manajemen aset, manajemen konfigurasi, dan mengelola keamanan layanan. Tahapan penelitian ini adalah identifikasi COBIT IT-Goals dan identifikasi proses TI dalam COBIT 5, pemilihan proses TI dalam COBIT, desain kuesioner, identifikasi RACI chart, pengumpulan data, analisis keadaan infrastruktur, analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa masing-masing proses, rata-rata tingkat kematangan infrastruktur Kecamatan berada pada level 1 dan satu Kecamatan berada pada level 2. Kecamatan yang berada pada level 2 adalah Kecamatan Bogor Timur pada proses manajemen inovasi. Tingkat kematangan pada setiap Kecamatan sebagian besar sudah memenuhi persyaratan pada level 2 akan tetapi belum memenuhi kriteria pada skala L dan skala F. Untuk Diskominfo proses manajemen inovasi, manajemen ketersediaan dan kapasitas, manajemen aset, manajemen konfigurasi berada pada level 3, sedangkan proses mengelola keamanan layanan berada pada level 1. Berdasarkan penilaian pencapaian yang telah dilakukan dimasing-masing Kecamatan di Kota Bogor maupun Diskominfo, tingkat kematangan masingmasing proses sebagian besar berada pada level 1 untuk Kecamatan dan Diskominfo berada pada level 2 dan 3. Stakeholder selaku responden telah menetapkan nilai harapan untuk masing-masing proses. Tingkat kesenjangan antara tingkat kematangan dan harapan masing-masing proses untuk setiap Kecamatan dan Diskominfo memiliki nilai yang cukup tinggi sehingga setiap instansi harus meningkatkan tingkat kematangan untuk setiap proses secara bertahap. Rekomendasi yang harus dilakukan untuk meningkatkan tingkat kematangan tersebut adalah mengembangkan PATEN sehingga pelayanan PATEN yang digunakan dalam website tidak hanya pelayanan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dan Izin Gangguan (Hinder Ordonnantie/HO), menetapkan dan menjalankan Standar Operational Procedure (SOP) yang merupakan prinsip-prinsip pengelolaan PATEN, melakukan sosialisasi dan pelatihan secara berkala untuk manajemen pendokumentasian segala proses yang terjadi dalam PATEN baik kendala maupun alur penggunaan PATEN, mengidentifikasi dan mengevaluasi staff TI secara regular termasuk latar belakang pendidikan dan keterampilan sehingga memahami pentingnya pemanfaatan TI, mengidentifikasi perangkat keras yang dibutuhkan untuk menunjang PATEN.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcComputerid
dc.subject.ddcManagement systemsid
dc.subject.ddc2016id
dc.subject.ddcBogor-JABARid
dc.titleEvaluasi Tingkat Kesiapan Infrastruktur TI Pemerintah Kota Bogor Dalam Menunjang Penerapan E-Government (Studi Kasus : Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan).id
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordCapability levelid
dc.subject.keywordCOBIT 5id
dc.subject.keyworde-governmentid
dc.subject.keywordinfrastructureid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record