Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pengguna Layanan Pada Unit Pelayanan Disdukcapil Kota Bogor.
View/ Open
Date
2017Author
Afif, Nurullah Sururi
Munandar, Jono M
Sarma, Ma'mun
Metadata
Show full item recordAbstract
Pemerintah merupakan suatu entitas yang memiliki tujuan melayani
masyarakat. Permintaan pelayanan yang terus meningkat baik dari segi kualitas
maupun kuantitasnya, hal ini berjalan seiring dengan bertambahnya jumlah
penduduk, tingkat pendidikan serta tingkat kebutuhan. Berdasarkan data BPS
Kota Bogor tahun 2014, Kota Bogor mempunyai populasi yang terus meningkat
dari tahun ke tahun. Salah satu administrasi kependudukan yang banyak
dibutuhkan adalah KTP, hal ini merupakan bagian yang penting dimiliki serta
merupakan kewajiban bagi setiap masyarakat usia tertentu untuk memilikinya.
Pelayanan yang diberikan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pengguna
layanan sehingga dapat meningkatkan kepuasan pengguna layanan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi karakteristik pengguna
layanan serta menganalisis pengaruh kualitas interaksi (interaction quality),
kualitas lingkungan fisik (physical environment quality), kualitas hasil (outcome
quality), harga (price), terhadap kepuasan pengguna layanan pada unit pelayanan
Disdukcapil Kota Bogor. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah
sebanyak 100 responden. Pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan
Structural Equation Modeling (SEM) dengan Partial least Square. Penelitian ini
dilakukan pada bulan September-November 2016 di kota Bogor. Data utama
dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui pengisian
kuisioner.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pengguna layanan didominasi oleh
remaja antara usia 17-25 tahun yaitu sebesar 65 persen. Hasil analisis menunjukan
bahwa physical environment quality dan harga (price) berpengaruh terhadap
kepuasan pengguna layanan, sedangkan interaction Quality dan Outcome Quality
tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna layanan.
Collections
- MT - Economic and Management [2397]