Show simple item record

dc.contributor.advisorFirdaus, Muhammad
dc.contributor.authorKusumah, Fuzawaty Zihan
dc.date.accessioned2018-02-05T01:47:34Z
dc.date.available2018-02-05T01:47:34Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/90677
dc.description.abstractProduksi jagung tahun 2015 hanya mencapai 24.84 juta ton dan belum mampu memenuhi kebutuhan nasional sebesar 1.6 kg/kapita/tahun. Di sisi lain, produksi kedelai yang mencapai 963.18 ribu ton, juga tidak dapat memenuhi kebutuhan sebesar 2.2 juta ton. Hal tersebut menyebabkan berfluktuasinya harga jagung dan kedelai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penetapan harga jagung dan kedelai di tingkat konsumen dengan menggunakan VECM dan menganalisis perilaku pasar di Jakarta Timur dalam menetapkan harga konsumen dengan menggunakan game theory. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga jagung di tingkat konsumen dipengaruhi secara positif oleh guncangan harga jagung produsen, harga jagung grosir, dan harga bensin juga dipengaruhi secara negatif oleh guncangan pasokan jagung. Harga kedelai di tingkat konsumen dipengaruhi secara negatif oleh guncangan harga kedelai produsen dan dipengaruhi secara positif oleh guncangan harga kedelai grosir. Guncangan dari sisi penawaran menyebabkan harga yang diterima konsumen berfluktuasi. Hal tersebut terjadi akibat adanya strategi dominan dalam penetapan harga yaitu melalui strategi penetapan harga pasar yang dilakukan oleh pedagang eceran komoditas jagung dan kedelai.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)id
dc.subject.ddcEconomicsid
dc.subject.ddcPriceid
dc.subject.ddc2017id
dc.subject.ddcJakartaid
dc.titleSistem Penetapan Harga Jagung dan Kedelai di Pasar Tradisional Jakarta Timur.id
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordgame theoryid
dc.subject.keywordjagungid
dc.subject.keywordkedelaiid
dc.subject.keywordVECMid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record