View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Resources and Environmental Economic
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Resources and Environmental Economic
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Dampak Pembangunan Jalan Tol terhadap Nilai Lahan dan Bangunan Serta Sustainable Livelihood Masyarakat Desa Lematang (Studi Kasus: Jalan Tol Trans Sumatera Seksi 2 Ruas Bakauheni-Terbanggi Besar, Kecamatan Tanjung Bintang, Kabupaten Lampung Selatan).

      Thumbnail
      View/Open
      Fulltext (32.57Mb)
      Date
      2017
      Author
      As-Sadili, Abu Hasan
      Nindyantoro
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Pertambuhan penduduk di Kabupaten Lampung Selatan yang diikuti dengan kenaikan jumlah kendaraan namun kurang akan peningkatan infrastuktur jalan, membutuhkan adanya kebijakan salah satunya pembangunan inrastuktur jalan tol dan berdampak kepada pembebasan lahan dan bangunan untuk mendukung pembangunan tersebut. Penelitian ini berlokasi di Desa Lematang dan bertujuan (1) menganalisis persepsi masyarakat mengenai proyek pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS); (2) menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi nilai lahan dan bangunan sebagai ganti rugi pembebasan; dan (3) menganalisis perubahan kapital yang mempengaruhi sustainable livelihood masyarakat yang terkena proyek pembangunan JTTS. Metode yang digunakan adalah analisis persepsi dengan skala likert, hedonic pricing method, dan sustainable livelihood analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum persepsi responden masyarakat setuju dengan sosialisasi tentang proyek sudah cukup dan proses pencairan ganti rugi sudah dilakukan dengan baik, namun ragu akan pelaksanaan pembebasan lahan yang dilakukan. Faktor-faktor yang mempengaruhi besaran nilai lahan dan bangunan dipengaruhi oleh luas lahan, luas bangunan, jarak menuju pasar pusat, dan kepemilikan sertifikat dari lahan dan bangunan tersebut. Sustainable livelihood sesudah adanya pembangunan JTTS memberikan pengaruh buruk atau cenderung mengalami penurunan dibandingkan sebelum ada proyek, penurunan terbesar terjadi pada natural capital.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/90663
      Collections
      • UT - Resources and Environmental Economic [2339]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository