dc.description.abstract | Segmentasi pasar merupakan suatu strategi pemasaran yang dapat
dilakukan oleh produsen untuk mengevaluasi produk dan membantu untuk
menentukan target pasar. Statistika menyediakan banyak metode untuk riset-riset
segmentasi. Salah satu metode statistika untuk riset segmentasi adalah analisis
CHAID (Chi-Squared Automatic Interaction Detection analysis). Analisis CHAID
akan menghasilkan diagram pohon keputusan yang menyediakan informasi
tentang derajat hubungan antara peubah respon terhadap peubah penjelas dan
informasi mengenasi karakteristik segmen. Dalam penelitian ini, CHAID
digunakan untuk menentukan segmentasi pasar pada pengguna handphone
Samsung dalam ruang lingkup Mahasiswa S1 IPB angkatan 53 dan menentukan
target pasar dari segmen yang terbentuk. Berdasarkan hasil analisis CHAID
didapatkan 10 segmen yang terbentuk, dari 10 segmen yang terbentuk ada tiga
segmen yang dijadikan acuan dalam menetukan target pasar untuk calon pengguna
handphone Samsung. Segmen-segmen tersebut terbentuk dari beberapa peubah,
yaitu jumlah pengeluaran rata-rata per bulan, manfaat handphone, jumlah
pendapatan rata-rata per bulan, asal daerah, jenis kelamin, dan sumber dana. | id |