Show simple item record

dc.contributor.advisorNugroho, Thomas
dc.contributor.advisorSolihin, Iin
dc.contributor.authorApriyani, Reni
dc.date.accessioned2018-01-30T04:03:45Z
dc.date.available2018-01-30T04:03:45Z
dc.date.issued2017
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/89886
dc.description.sponsorshipSalah satu pelabuhan yang sangat berpotensi untuk pengembangan potensi maritim Indonesia adalah pelabuhan perikanan, sehingga pelabuhan perikanan dituntut untuk terus meningkatkan efektivitas dan efisiensinya. Kecepatan pelayanan merupakan cerminan dari efektivitas dan efisiensi suatu pelabuhan perikanan. Kecepatan pelayanan tersebut bergantung pada manajemen organisasi pelabuhan dalam meningkatkan produktivitasnya. Produktivitas merupakan hubungan antara hasil yang dicapai (output) dengan sumber daya yang digunakan (input). Produktivitas juga dapat dijadikan salah satu faktor yang penting dalam mempengaruhi proses kemajuan dan kemunduran suatu pelayanan. Tujuan penelitian ini adalah mengukur produktivitas pelayanan publik di Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta dan menentukan faktor-faktor yang berpengaruh terhadap produktivitas pelayanan publik serta menentukan usulan perbaikan produktivitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan satuan kasus adalah pelayanan publik dengan menggunakan model objective matrix (OMAX). Indikator produktivitas yang diukur yaitu, pemakaian tenaga kerja, jam kerja aktual dan ketidakhadiran. Hasil pengukuran menunjukkan bahwa pada tahun 2014, 2015 dan 2016 memiliki indikator performasi sebesar 639.2, 620.2 dan 708.8 dengan indeks produktivitas sebesar 113 %, 107 % dan 136 %. Hal ini menunjukkan bahwa produktivitas pelayanan publik di Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta selama tiga tahun terakhir mengalami fluktuatif. Penurunan yang terjadi pada tahun 2015 dianalisis menggunakan diagram fishbone untuk mendapatkan usulan perbaikan produktivitas.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)id
dc.subject.ddcFisheries Resources Utilizationid
dc.subject.ddcPublic Servicesid
dc.subject.ddc2017id
dc.subject.ddcPenjaringan Kota, Jakarta Utaraid
dc.titleProduktivitas Pelayanan Publik di Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman Jakarta.id
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordobjective matrixid
dc.subject.keywordpelayanan publikid
dc.subject.keywordproduktivitasid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record