Aktivitas Harian, Prestasi Akademik, dan Indeks Kreativitas Mahasiswa Tingkat Dua di Institut Pertanian Bogor
Abstract
Aktivitas harian telah banyak dilaporkan mempengaruhi prestasi akademik
seseorang. Prestasi akademik didasarkan pada nilai individu untuk setiap
mahasiswa di kelas dan nilai ujian standar. Penelitian sebelumnya menunjukkan
bahwa mahasiswa tingkat pertama yang mengikuti aktivitas harian berupa
kegiatan ekstrakurikuler mendapatkan pengaruh positif terhadap akademiknya
namun belum ada penelitian lebih lanjut pada mahasiswa tingkat dua. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk melihat hubungan antara aktivitas harian (sarapan dan
kegiatan ekstrakurikuler), prestasi akademik (Grade Point Average; IPK), dan
indeks kreativitas (dengan menggunakan Adjective Check List; ACL) pada
mahasiswa tingkat dua IPB. Kami menggunakan lembar persetujuan, informasi
pribadi, dan kuesioner untuk mengumpulkan data (aktivitas harian, IPK, dan
ACL). Hasil penelitian ini menunjukkan hubungan signifikan antara aktivitas
harian dengan IPK, IPK dan kegiatan ekstrakurikuler, serta kegiatan
ekstrakurikuler dan ACL, namun, indeks kreativitas (ACL) hanya 33,18% yang
mengindikasikan tidak ada korelasi antara ACL dan IPK.
Collections
- UT - Biology [2145]