Analisis Kinerja Simpang Tak Bersinyal Jalan Raya Dramaga- Bubulak Bogor Jawa Barat.
Abstract
Potensi permasalahan lalu lintas pada simpang tak bersinyal relatif lebih
tinggi dan kompleks dibandingkan dengan simpang bersinyal. Simpang Jalan Raya
Dramaga-Bubulak merupakan simpang tak bersinyal dan salah satu simpang
dengan tingkat mobilitas yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
kinerja simpang pada kondisi sebenarnya dan strategi alternatif untuk
meningkatkan pelayanan simpang serta mengetahui pengaruh sistem satu arah
terhadap simpang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa volume lalu lintas yang
melewati simpang sebanyak 3816 satuan mobil penumpang (smp)/jam pada jam
puncak dengan nilai derajat kejenuhan (DS) 0.85 dan tundaan 14.41 detik/smp,
maka tingkat pelayanan simpang adalah B. Tingkat pelayanan simpang masih baik,
sehingga pada penelitian ini dianalisis tiga kondisi alternatif untuk menurunkan
nilai DS. Hasil analisis kinerja lalu lintas menunjukkan bahwa model kondisi
alternatif terbaik yaitu alternatif I, karena penerapan sistem satu arah di lingkar
Bubulak justru membuat tingkat pelayanan simpang Jalan Raya Dramaga-Bubulak
menurun dari sebelumnya.