dc.description.abstract | Di era modern ini, jembatan yang awalnya hanya difungsikan sebagai sarana
penghubung, telah dijadikan sebagai landmark di beberapa kota seperti jembatan
cable stayed Dr. Ir. Soekarno di Kota Manado. Dalam perencanaannya, bangunan
dipersiapkan untuk dapat menahan berbagai macam beban mulai dariaksi
permanen, aksi transien hingga aksi khusus seperti pengaruh gempa. Penelitian ini
bertujuan untuk menganalisis besarnya kekakuan struktur yang terjadi,
displacement pada saat servis dan kapasitas momen saat ultimit pada jembatan.
Metode analisis yang digunakan mengacu kepada RSNI T-02-2005 dan SNI T-12-
2004 dengan menggunakan bantuan software CSiBridge 2016 v18.0.1.
Berdasarkan hasil pemrograman dan perhitungan, diperoleh nilai kekakuan
struktur sebesar 395,572 kN/m dengan displacement terbesar pada saat servis
yaitu 0.2116 m dan telah sesuai dengan lendutan ijin. Dari analisis terhadap
kapasitas momen penampang dengan membandingkan nilai momen nominal
terhadap momen ultimit, diketahui bahwa kondisi momen ultimit di setiap span
masih berada di bawah momen nominal. Dengan demikian, jembatan dinyatakan
aman apabila menerima beban kombinasi ultimit yang terdiri dari aksi permanen,
transien dan aksi khusus berupa gempa. | id |