Analisis Faktor-faktor yang memengaruhi Ibu Rumah Tangga Muslim dalam memilih Produk Pangan Kemasan Berlabel Halal MUI di Kota Bogor
View/ Open
Date
2016Author
Astuty, Shelly Amalia
El Ayyubi, Salahuddin
Metadata
Show full item recordAbstract
Jumlah penduduk beragama Islam di Kota Bogor sebanyak 944 042 jiwa (BPS Kota Bogor 2014). Banyaknya penduduk beragama Islam di Kota Bogor diharapkan akan meningkatkan kesadaran penduduk untuk mengetahui pentingnya mengonsumsi pangan halal. Banyak produk yang beredar di masyarakat salah satunya produk pangan kemasan. Label halal MUI pada produk pangan kemasan menjadi indikator yang penting dalam menentukan kehalalan. Peranan ibu rumah tangga dalam pengambilan keputusan konsumsi pangan dalam keluarga sangat penting. Penelitian ini bertujuan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi ibu rumah tangga Muslim dalam memilih produk pangan kemasan berlabel halal MUI di Kota Bogor. Penelitian dilakukan di 6 kecamatan di Kota Bogor dengan jumlah 90 responden, menggunakan metode non-probability sampling. Hasil analisis menggunakan regresi logistik menunjukan bahwa pendapatan rumah tangga, kepatuhan halal, pengetahuan halal, dan halal awareness berpengaruh signifikan terhadap ibu rumah tangga Muslim dalam memilih produk pangan kemasan berlabel halal MUI.