Show simple item record

dc.contributor.advisorSehabudin, Ujang
dc.contributor.authorWijaya, Andry Sahlan
dc.date.accessioned2017-05-31T04:45:48Z
dc.date.available2017-05-31T04:45:48Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/86110
dc.description.abstractManggis (Garcinia mangostana Linn.) merupakan salah satu komoditas eksotik tropika memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Analisis terhadap kecenderungan permintaan konsumen dibeberapa negara importir menunjukan bahwa buah manggis menjadi komoditas yang sangat diminati oleh konsumen luar negeri. Permasalahan dalam aspek pemasaran banyak ditentukan oleh peranan lembaga pemasaran yang berfungsi sebagai penghubung dan akan membentuk pola distribusi manggis. Untuk pemasaran buah-buahan termasuk manggis, penanganan pascapanen belum sepenuhnya dilakukan dengan baik dan sebaran marjin belum merata. Salah satu sentra penghasil buah manggis terbaik terdapat pada kelompok tani Rimba Lestari, terletak di Kampung Cengal, Desa Karacak, kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis pemasaran manggis di Kelompok Tani Rimba Lestari, Kampung Cengal, Desa Karacak, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor. (2) Menganalisis efisiensi saluran pemasaran buah manggis di Kelompok Tani Rimba Lestari, Kampung Cengal, Desa Karacak, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor. Penelitian menggunakan data primer yang diperoleh melalui wawancara langsung dengan petani manggis dan pedagang manggis. Hasil dari analisis pemasaran menunjukkan bahwa marjin pemasaran tertinggi terjadi pada saluran 1 pemasaran manggis, sedangkan marjin pemasaran terendah terjadi pada saluran 3 pemasaran manggis. Saluran 3 pada pemasaran manggis memiliki farmer’s share tertinggi sedangkan total rasio keuntungan dan biaya terbesar terjadi pada saluran 2 pemasaran manggis. Hal ini terjadi karena pada saluran 2 lembaga pemasaran mengeluarkan biaya sedikit tetapi mendapat keuntungan yang tinggi.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)id
dc.subject.ddcBusiness managementid
dc.subject.ddcMarket researchid
dc.subject.ddc2016id
dc.subject.ddcBogor-Jawa Baratid
dc.titleAnalisis Pemasaran Manggis (Studi Kasus: Kelompok Tani Rimba Lestari, Kampung Cengal, Desa Karacak, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor)id
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordManggisid
dc.subject.keywordRimba Lestariid
dc.subject.keywordMarjin Pemasaranid
dc.subject.keywordFarmer’s shareid
dc.subject.keywordRasio Keuntunganid
dc.subject.keywordBiayaid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record