Show simple item record

dc.contributor.advisorIsmail, Ahyar
dc.contributor.advisorOsmaleli
dc.contributor.authorLidyaningrum, Maulita
dc.date.accessioned2017-05-31T03:59:09Z
dc.date.available2017-05-31T03:59:09Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/85891
dc.description.abstractSektor pariwisata merupakan salah satu sektor pendorong Pendapatan Asli Daerah (PAD). Hal itu menjadi pemicu terciptanya kawasan wisata baru. Leuwi Hejo merupakan kawasan wisata baru yang berada di Kampung Karang Tengah, Desa Wangun Cileungsi, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Banyaknya jumlah wisatawan yang berkunjung mendorong PERHUTANI dan LMDH untuk melakukan pembangunan dan pengembangan kawasan wisata dengan tetap menjaga kualitas lingkungan Leuwi Hejo. Tujuan dari penelitian ini adalah mengidentifikasi karakteristik dan persepsi pengunjung Leuwi Hejo, mengestimasi tarif masuk optimum, dan merumuskan strategi pengelolaan Kawasan Wisata Leuwi Hejo. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif, Contigent Valuation Method, regresi linear berganda, dan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan pengunjung didominasi oleh wisatawan yang berusia 20 hingga 24 tahun dengan pendapatan lebih dari Rp 3 500 000. Pengunjung berasal dari domisili yang dekat dengan kawasan wisata yaitu Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Persepsi responden terhadap kualitas lingkungan di Leuwi Hejo secara keseluruhan baik. Selain itu, persepsi responden terhadap atribut-atribut wisata dari segi keamanan, penyediaan atau kelengkapan fasilitas, serta harga tiket masuk secara kesuluruhan baik. Namun, sebagian besar responden menyatakan bahwa kondisi fasilitas kurang memadai, pelayanan pengelola yang kurang ramah, dan aksesibilitas adalah kurang memadai. Berdasarkan penelitian diketahui nilai rata-rata WTP adalah Rp 3 870.968. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah usia, lama pendidikan, tingkat pendapatan, pemandangan alam, dan kualitas air di Leuwi Hejo. Perumusan strategi pengembangan Kawasan Wisata Leuwi Hejo, antara lain: mempertahankan sistem pengelolaan wisata, mengadakan pelatihan guna meningkatkan kualitas SDM, memperbaiki dan menambahkan sarana dan prasarana di Leuwi Hejo terutama memperbaiki akses jalan menuju lokasi, serta meningkatkan kerjasama antar pihak yang berwenang (pihak pengelola, pemerintah daerah, dan masyarakat sekitar).id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)id
dc.subject.ddcBusiness managementid
dc.subject.ddcPriceid
dc.subject.ddc2016id
dc.subject.ddcBogor-Jawa Baratid
dc.titleEstimasi Tarif Masuk Optimum dan Strategi Pengembangan Wisata Leuwi Hejo (Studi Kasus: Kampung Karang Tengah, Desa Wangun Cileungsi, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor)id
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordCVMid
dc.subject.keywordWillingness to Pay (WTP)id
dc.subject.keywordMatriks SWOTid
dc.subject.keywordQSPMid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record