Penerapan Model Kano Pada Analisis Kepuasan Pengunjung Perpustakaan Institut Pertanian Bogor Terhadap Fasilitas Dan Pelayanan
View/ Open
Date
2016Author
Putri S, Asa Mentari
Alamudi, Aam
Sumertajaya, I Made
Metadata
Show full item recordAbstract
Analisis Kano digunakan untuk memetakan preferensi responden. Analisis ini memiliki karakteristik yaitu dengan memberikan pertanyaan positif dan negatif untuk atribut yang sama. Pemetaan setiap atribut ke dalam diagram pencar analisis Kano dilakukan dengan mencari nilai Extent of Satisfaction dan Extent of Dissatisfaction. Diagram pencar analisis Kano terbagi menjadi 4 kuadran, yaitu kuadran A, kuadran M, kuadran I, dan kuadran O. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer sebanyak 138 data yang diambil melalui proses survei. Metode penarikan contoh yang digunakan adalah systematic sampling. Dari hasil analisis didapatkan bahwa ada 1 atribut fasilitas dan 1 atribut pelayanan yang berada di kuadran A. Sebanyak 9 atribut fasilitas dan 2 atribut pelayanan berada di kuadran M. Sebanyak 10 atribut fasilitas dan 3 atribut pelayanan berada di kuadran I. Dari hasil analisis tidak ada atribut yang berada di kuadran O.