Penerapan Metode CHAID Dalam Analisis Segmentasi Pasar Pengguna Handphone.
View/ Open
Date
2016Author
Meilanda, Sarina Ayu
Aidi, Muhammad Nur
Susetyo, Budi
Metadata
Show full item recordAbstract
Segmentasi pasar bertujuan untuk mengelompokkan konsumen yang memiliki karakteristik yang homogen. Adanya segmentasi pasar akan memudahkan produsen dalam membuat strategi pemasaran kepada segmen yang dituju. Salah satu metode yang digunakan untuk melakukan segmentasi pasar adalah metode CHAID (Chi-square Automatic Interaction Detection). Metode CHAID dapat digunakan untuk mencari peubah-peubah penjelas yang paling berpengaruh terhadap peubah respon. Hasil analisis dari penelitian ini adalah terdapat tiga peubah penjelas yang berpengaruh terhadap merek handphone yang digunakan oleh konsumen, diantaranya usia, wilayah tempat tinggal, dan pendidikan terakhir. Peubah penjelas yang paling berpengaruh terhadap peubah respon adalah usia. Analisis CHAID menghasilkan sebelas segmen dimana segmen terbesar adalah Samsung. Handphone Samsung paling banyak digunakan oleh konsumen pada segmen 1, 2, 4, 5, 6, 7, 9, dan 10. Sedangkan handphone Nokia adalah segmen terbesar kedua. Nokia banyak digunakan oleh konsumen pada segmen 3, 4, 8, 9, dan 11. Sementara itu, persentase pengguna Blackberry sangat sedikit pada setiap segmen