Show simple item record

dc.contributor.advisorSartono, Bagus
dc.contributor.advisorKusumaningrum, Dian
dc.contributor.authorHandayani, Wuri
dc.date.accessioned2017-05-31T03:39:07Z
dc.date.available2017-05-31T03:39:07Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/85804
dc.description.abstractSegmentasi pelanggan merupakan kegiatan membagi pelanggan ke dalam segmen-segmen dengan ciri dari tiap segmen memiliki karakter yang relatif homogen, sehingga dapat dij adikan sebagai salah satu alat yang digunakan untuk menentukan strategi pemasaran yang efisien berdasarkan basil segmentasinya. Segmentasi dilakukan dengan menggunakan metode k-means dan peubah yang menj adi dasar segmentasi yaitu nominal transaksi yang dibayarkan oleh 844 pelanggan eceran untuk pembelian 22 komoditas suku cadang. B anyaknya segmen (k) ideal yang terbentuk yaitu 5 segmen berdasarkan perubahan indeks Hartigan terbesar yaitu sebesar 1 8. 9 5. Dari 5 segmen yang diperoleh, terdapat segmen yang diprioritaskan dan tidak diprioritaskan dalam melalukan pemasaran produk. Segmen 2 dan Segmen 4 merupakan segmen yang dapat diprioritaskan dengan cirinya adalah nilai rataan nominal transaksi yang dibayarkan oleh tiap pelanggan eceran pada Segmen 2 dan Segmen 4 lebih besar dibandingkan nilai rataan nominal transaksi yang dibayarkan oleh tiap pelanggan terhadap total pelanggan eceran selama tahun 20 1 3 sampai 20 1 5. S elain itu, persentase kontribusi terhadap penerimaan UT lebih besar dibandingkan rata-rata persentase kontribusi tiap segmen yaitu sebesar 4 5. 24% oleh Segmen 2 dan 2 9. 7 1 % oleh Segmen 4. Dengan demikian, Segmen 2 dapat menj adi prioritas utama UT dalam melakukan pemasaran produknya.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultral University (IPB)id
dc.subject.ddcStatisticsid
dc.subject.ddcCluster analysisid
dc.subject.ddc2016id
dc.titleAnalisis Segmentasi Pelanggan Eceran Pt United Tractors Tbk. Dengan Pendekatan Analisis Gerombolid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordindeks Hartiganid
dc.subject.keywordmetode k-meansid
dc.subject.keywordsegmentasi pelanggan.id


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record