Analisis Persamaan Struktural Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah (Studi Kasus: Pt. Bank Xyz)
View/ Open
Date
2016Author
Siregar, Ahdaniyah
Masjkur, Mohammad
Sumertajaya, I Made
Metadata
Show full item recordAbstract
American Customer Satisfaction Index (ACSI) merupakan salah satu model yang dapat digunakan untuk menganalisis kepuasan dan loyalitas nasabah. Kepuasan dan loyalitas merupakan peubah laten yang tidak dapat diukur secara langsung melainkan dengan beberapa peubah indikator. Model yang dibangun cukup kompleks sehingga dibutuhkan metode yang dapat menggambarkan keterkaitan antar peubah laten dan peubah laten dengan peubah indikatornya secara bersamaan, yaitu analisis model persamaan struktural. Data yang digunakan adalah data hasil survei terhadap nasabah bank XYZ tahun 2016. Tujuan penelitian ini adalah memperoleh model persamaan struktural terbaik yang dapat menggambarkan keterkaitan antar peubah laten serta peubah laten dengan peubah indikatornya. Hasil analisis menunjukkan bahwa model yang dibentuk sudah baik berdasarkan beberapa ukuran kebaikan model yang digunakan. Kualitas pelayanan yang dirasakan memberikan pengaruh positif yang nyata terhadap kepuasan nasabah. Selanjutnya, kepuasan nasabah juga memberikan pengaruh yang nyata terhadap loyalitas nasabah sekaligus komplain nasabah, namun dengan arah hubungan yang berbeda. Kepuasan nasabah memiliki arah hubungan yang positif terhadap loyalitas nasabah, sedangkan kepuasan memiliki arah hubungan yang negatif terhadap komplain nasabah. Dengan demikian, meningkatkan kepuasan nasabah akan berdampak pada peningkatan loyalitas nasabah sekaligus penurunan komplain.