Aplikasi Sequential Pattern Discovery Using Equivalence Classes (Spade) Pada Data Transaksi Penjualan (Studi Kasus Produk Kecantikan Dan Perawatan Tubuh).
View/ Open
Date
2016Author
Shalihah, Anisah Mufidatush
Soleh, Agus Mohamad
Rahman, La Ode Abdul
Metadata
Show full item recordAbstract
Setiap toko ritel memiliki data transaksi penjualan yang besar yang dihimpun setiap harinya. Data-data transaksi tersebut dapat diolah sehingga diperoleh informasi-informasi berguna, di antaranya pola belanja konsumen. Pola belanja konsumen dapat digunakan sebagai bahan untuk perancangan strategi pemasaran. Analisis yang biasa digunakan yaitu analisis asosiasi pada transaksi penjualan. Penelitian ini menggunakan metode pola sekuensial dengan algoritme SPADE ‘Sequential PAttern Discovery using Equivalence classes’. Data yang digunakan adalah data riil transaksi penjualan toko ritel produk kecantikan dan perawatan tubuh sejak 1 Januari-22 April 2015. Minimum support (batas minimum banyaknya pembeli) yang digunakan 0.01% dan minimum confidence (batas minimum peluang kejadian) sebesar 1%, kedua nilai tersebut ditentukan berdasarkan keadaan data. Berdasarkan hasil yang diperoleh, menunjukkan item yang paling diminati adalah sabun pencuci muka dan minyak penghilang jerawat berbahan kayu putih, grup yang paling diminati adalah grup make up bibir dan make up dasar. Pada data latih dan data uji yang relatif seimbang, semakin panjang periode penjualan dan semakin banyak transaksi maka semakin baik pula akurasi pembelian kembali yang diduga.