Analisis Daya Saing Dan Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Ekspor Ban Indonesia Ke Kawasan Amerika Latin
Abstract
Industri ban merupakan industri yang berpotensi untuk meningkatkan
ekspor Indonesia ke pasar non-tradisional seperti kawasan Amerika Latin. Tujuan
dari penelitian ini adalah menganalisis daya saing komparatif, kompetitif, dan
dinamika ekspor ban Indonesia serta faktor-faktor yang memengaruhi ekspor ban
Indonesia ke kawasan Amerika Latin. Periode analisis yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu dari tahun 2009 sampai 2014 dengan menggunakan metode
analisis Revealed Comparative Advantage (RCA), Export product Dynamic
(EPD), Gravity model dan Porter’s Diamond. Hasil penelitian ini adalah ban
Indonesia memiliki daya saing yang kuat di kawasan Amerika Latin kecuali di
negara Argentina. Selain itu, ban Indonesia memiliki posisi dinamika ekspor yang
baik (rising star) di negara Panama, Venezuela, Uruguay, Meksiko, Guatemala,
dan Costa Rica. Faktor-Faktor yang memengaruhi ekspor ban Indonesia ke
Amerika Latin adalah jarak ekonomi, GDP riil perkapita Indonesia, GDP riil
perkapita negara tujuan, nilai tukar riil, dan populasi negara tujuan.