Posisi Daya Saing Dan Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Ekspor Otomotif Indonesia Ke Negara Tujuan Utama Tahun 2009-2014
Abstract
ANNISA SAFITRI. Posisi Daya saing dan Faktor-Faktor yang Memengaruhi
Ekspor Otomotif Indonesia ke Negara Tujuan Utama Tahun 2009-2014.
Dibimbing oleh ARIEF DARYANTO
Indonesia merupakan salahsatu pengekspor otomotif di dunia. Tujuan
penelitian ini adalah menganalisis posisi daya saing dan faktor-faktor yang
memengaruhi ekspor otomotif Indonesia di negara tujuan ekspor utama. Penelitian
ini menggunakan analisis kuantitatif daya saing dan ekonometrik. Metode
Revealed Comparative Advantage (RCA), Export Product Dynamic (EPD) dan
Porter’s Diamond Model digunakan untuk menganalisis daya saing. Analisis
ekonometrik menggunakan data panel dengan pendekatan gravity model. Periode
dalam penelitian ini adalah enam tahun (2009-2014). Negara tujuan ekspor utama
adalah (Brunei Darusallam, Cambodia, Malaysia, Myanmar, Philippines,
Singapore, Thailand dan Vietnam). Hasil analisis menunjukkan bahwa otomotif
Indonesia memiliki keunggulan komparatif dan kompetitif di dunia tetapi di
beberapa negara tujuan memiliki daya saing lemah. Hasil analisis data panel
menunjukkan bahwa GDP riil negara tujuan ekspor, jarak ekonomi, harga ekspor,
nilai tukar riil, dan populasi negara tujuan secara signifikan memengaruhi volume
ekspor otomotif Indonesia.