dc.description.abstract | Salah satu bentuk pelayanan publik yang menjadi tanggung jawab pemerintah
di bidang penyelenggaraan kesehatan adalah penyediaan fasilitas kesehatan bagi
masyarakat untuk memperoleh derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. Rumah
Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bogor sebagai rumah sakit milik Pemerintah
Kota Bogor yang telah dua tahun memberikan layanan kesehatan kepada
masyarakat, dituntut untuk selalu berbenah diri agar dapat memberikan layanan
kesehatan terbaik. Umpan balik dari pasien terhadap kualitas pelayanan, harga,
tingkat kepuasan dan loyalitas pasien dapat menjadi masukan yang berharga dalam
usaha peningkatan pelayanan di masa yang akan datang. Oleh karena itu penelitian
ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap
kepuasan dan loyalitas pasien RSUD Kota Bogor.
Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh melalui wawancara
dan pengisian kuesioner terhadap 142 pasien RSUD Kota Bogor yang dipilih
melalui metode purposive sampling. Penelitian ini menggunakan pendekatan model
persamaan struktural (structural equation modeling) untuk mengukur persepsi
pasien mengenai kualitas pelayanan, harga, kepuasan dan loyalitas secara
kuantitatif. Model awal yang disusun terdiri dari empat variabel laten yaitu kualitas
pelayanan, harga, kepuasan yang direfleksikan oleh 33 indikator. Analisis Partial
Least Square digunakan dalam pengujian pengaruh kualitas layanan dan harga
terhadap kepuasan dan loyalitas pasien.
Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan
terhadap kepuasan pasien. Kualitas pelayanan memiliki pengaruh signifikan
terhadap loyalitas pasien. Sedangkan harga memiliki pengaruh signifikan terhadap
kepuasan pasien. Harga tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pasien.
Penelitian ini juga menunjukkan kepuasan berpengaruh signifikan terhadap
loyalitas pasien. Penelitian ini menjadi masukan bagi RSUD Kota Bogor untuk
terus berkomitmen meningkatkan kualitas pelayanan dan menetapkan harga yang
terjangkau karena mempunyai pengaruh langsung terhadap kepuasan pasien.
Kepuasan pasien yang meningkat secara signifikan akan meningkatkan loyalitas
pasien. | id |