Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Memberikan Donasi Pada Rumah Zakat
View/ Open
Date
2016Author
Mulyono, Dedi
Syamsun, Muhammad
Najib, Mukhamad
Metadata
Show full item recordAbstract
Media sosial belakang ini telah menjadi kultur baru dalam proses
penyebaran informasi. Hal ini menarik banyak perusahaan maupun lembaga
nirlaba untuk menggunakan media sosial sebagai salah satu strategi komunikasi
pemasaran yang dapat membantu memperkuat kesadaran merek, pembentukkan
pemasaran dari mulut ke mulut bahkan memunculkan minat dan keputusan untuk
membeli produk atau menggunakan jasa tertentu. Rumah Zakat adalah salah satu
lembaga nirbala di Indonesia yang bergerak di bidang penghimpunan donasi
kemanusiaan. Rumah Zakat saat ini secara intensif menggunakan media sosial
dalam menggalang kampanye kemanusiaan.
Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh media sosial terhadap
peningkatankesadaran merek, pembentukkan pemasaran dari mulut ke mulut,
minat donasi dan keputusan dalam memberikan donasi kepada Rumah Zakat.
Variabel yang digunakan terdiri atas satu variabel eksogen yaitu media sosial dan
empat variabel endogen yaitu kesadaran merek,pemasaran dari mulut ke mulut,
minat donasi serta keputusan donasi. Sampel penelitan ini adalah pengguna aktif
media sosial sejumlah 156 responden. Data di analisis dengan Structural Equation
Modeling (SEM) yang di jalankan menggunakan program SmartPLS 2.0.
Hasil analisis menunjukkan bahwa media sosial berpengaruh signifikan
terhadap kesadaran merek Rumah Zakat dan terbentuknya pemasaran dari mulut
ke mulut. Kesadaran merek Rumah Zakat juga berpengaruh signifikan terhadap
pembentukkan pemasaran dari mulut kemulut dan minat donasi. Pembentukkan
pemasaran dari mulut kemulut memberikan pengaruh yang signifikan terhadap
munculnya minat donasi, serta minat donasi berpengaruh signifikan terhadap
keputusan donasi. Sementara itu media sosial tidak berpengaruh nyata secara
langsung terhadap munculnya minat donasi ke Rumah Zakat.
Collections
- MT - Economic and Management [2962]