Pengaruh Penyajian Visual Dan Gaya Bahasa Pada Video Tentang Pariwisata Di Kabupaten Garut Terhadap Peningkatan Pengetahuan
View/ Open
Date
2016Author
Nirwana, Testa Pradia
Saleh, Amiruddin
Matindas, Krishnarini
Metadata
Show full item recordAbstract
Pariwisata merupakan salah satu sektor yang banyak diminati oleh masyarakat dunia, peminatnya ini terus meningkat tiap tahunnya. Kabupaten Garut merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang diminati oleh para wisatawan, baik wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara. Promosi dalam memasarkan produk pariwisata sangat penting bagi pembangunan masyarakat dan daerah. Promosi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut belum optimal dalam segi penyampaian informasi, banyak khalayak yang masih kurang terpuaskan dengan informasi yang didapatkan dari promosi tersebut. Oleh karena itu, dibutuhkan media promosi yang dapat menarik calon wisatawan dan mampu memberikan informasi yang dapat memuaskan mereka. Promosi tersebut dapat menggunakan media video melalui media sosial untuk memberikan gambaran dan pengetahuan tentang obyek wisata, serta meyakinkan calon wisatawan muda untuk berkunjung ke obyek wisata yang ditawarkan.
Penelitian dirancang dengan metode true experimental dengan desain faktorial 2x2 dan menggunakan pretest posttest control group sehingga terdapat lima kelompok yang dipilih secara acak. Kelompok tersebut terdiri dari empat kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Faktor yang digunakan yaitu penyajian visual yang terdiri dari foto dan infografis, serta gaya bahasa yang terdiri dari gaya bahasa resmi dan percakapan. Tujuan penelitian adalah (1) menguji peraruh penyajian visual dan gaya bahasa melalui video terhadap peningkatan pengetahuan, (2) menganalisis kombinasi pesan yang paling efektif pada media video tentang pariwisata di Kabupaten Garut, (3) menganalisis hubungan karakteristik individu dengan peningkatan pengetahuan. Hasil penelitian adalah (1) penyajian visual dan gaya bahasa melalui video mempengaruhi peningkatan pengetahuan mahasiswa tentang pariwisata di Kabupaten Garut; (2) seluruh kombinasi penyajian visual dan gaya bahasa berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan. Peningkatan pengetahuan responden mengenai pariwisata di Kabupaten Garut dipengaruhi oleh penggunaan video, baik itu menggunakan penyajian visual foto atau infografis dengan gaya bahasa resmi atau percakapan; (3) karakteristik individu tidak berkorelasi dengan peningkatan pengetahuan.
Kesimpulan penelitian adalah perlunya media promosi yang informatif tentang pariwisata di Kabupaten Garut untuk memasarkan dan memberikan pengetahuan, terutama pariwisata sejarah dan budaya agar menumbuhkan rasa cinta tanah air dan melestarikan budaya Indonesia.
Collections
- MT - Human Ecology [2236]