Show simple item record

dc.contributor.advisorNurhadryani, Yani
dc.contributor.advisorWirnas, Desta
dc.contributor.authorSiska
dc.date.accessioned2017-01-30T07:41:06Z
dc.date.available2017-01-30T07:41:06Z
dc.date.issued2016
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/82741
dc.description.abstractPerkembangan ICT terutama internet dan telepon selular di Indonesia pada saat ini sangat pesat, termasuk pada bidang pertanian (e-agriculture). Pelaku pertanian seperti penyuluh, sebagian besar sudah menggunakan smartphone, terkoneksi internet untuk mencari informasi pertanian dan terbiasa beriteraksi melalui sosial media. Hal ini menunjukkan bahwa e-agriculture mempunyai potensi sebagai alat untuk mengelola pengetahuan pertanian. Penelitian ini menjelaskan mengenai pembangunan KMS kedelai mobile menggunakan pendekatan User Experience (UX). UX merupakan indikator kesuksesan aplikasi yang menentukan apakah user akan menggunakan atau tidak aplikasi tersebut. Dengan menggunakan UX pada tahap perancangan antarmuka suatu aplikasi, desainer dapat lebih efektif menetapkan tujuan-tujuan yang akan menghasilkan suatu experience. Hal ini dikarenakan perancangan mempunyai control terbatas pada bagian desain saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi KMS kedelai dengan mengidentifikasi model perancangan berdasarkan kebutuhan user. Selain itu, penelitian ini dapat memberikan rekomendasi perbaikan antar muka aplikasi KMS kedelai agar lebih user friendly. Responden dipilih berdasarkan jenis pengguna yang menjadi target aplikasi, yaitu penyuluh. Selain itu, pertimbangan lain adalah untuk mengetahui karakteristik pengguna berdasarkan pengetahuan, keterampilan, frekuensi penggunaan internet, dan kepemilikan smartphone. Metode yang digunakan yaitu user experience life cycle yang terdiri dari analisis, desain, prototyping dan implementasi. Tahap analisis yaitu tahap memahami user dan proses desain interaksi. Tahap desain merupakan tindak lanjut dari tahap analisis sebelumnya, data yang dikumpulkan kemudian di petakan menjadi sebuah desain user persona dan wireframe. Tahap prototipe merupakan tahapan untuk membuat desain aplikasi dengan desain prototipe medium fidelity yaitu desain prototipe menengah yang menunjukan tata letak dan luas objek antarmuka. Evaluasi prototipe diperoleh dengan meminta responden untuk menjawab kuesioner yang berkaitan dengan desain dan fitur prototype aplikasi. Evaluasi terhadap prototipe tersebut untuk mengukur efektifitas suatu desain antarmuka. Hasil evaluasi prototipe aplikasi menunjukan bahwa pengguna merasakan kebingungan mengenali aplikasi yang sedang digunakan, pengguna juga merekomendasikan untuk memberi gambar pada setiap konten di dalam menu, serta memperbaiki beberapa tampilan layout menu. Rekomendasi perbaikan antarmuka tersebut kemudian menghasilkan body content pada aplikasi meliputi pengetahuan mengenai teknologi produksi dan pengolahan hasil produksi kedelai, kemudian aplikasi ditampilkan menggunakan splash screen, menu-menu diimplementasikan dalam bentuk icon–icon, serta konten diperkaya dengan menggunakan gambar dan list menu menggunakan linier layout. iii Dengan memperbaiki hasil evaluasi tersebut, aplikasi yang dibangun diharapkan sesuai dengan kebutuhan responden dan sebagai sebuah experience yang menyenangkan. Pada implementasi, dikembangkan beberapa fitur aplikasi, diantaranya pengembangan content sharing ke media sosial facebook, Fitur download file pada setiap konten pengetahuan, dan fitur komentar pada menu artikel. Diharapkan aplikasi yang dibangun mampu mendistribusikan informasi dan pengetahuan, memfasilitasi komunikasi antar pakar, penyuluh dan petani.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcComputersid
dc.subject.ddcKnowledgeid
dc.subject.ddc2014id
dc.subject.ddcBogor-JABARid
dc.titleE-Agriculture: Pengembangan Aplikasi Kms Kedelai Berbasis Mobile Menggunakan Pendekatan Uxid
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordE-agricultureid
dc.subject.keywordKnowledge Management systemid
dc.subject.keywordUser Experienceid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record