Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ekuitas Merek Program Studi Agribisnis, Agroteknologi Dan Peternakan Universitas Padjadjaran
View/ Open
Date
2016Author
Ramdhani, Dahlan
Sarma, Ma’mun
Najib, Mukhamad
Metadata
Show full item recordAbstract
Kondisi pertanian saat ini tidak menunjukan keadaan yang
menggembirakan. Secara umum, sektor pertanian belum berkembang menjadi
industri moderen yang menarik dan memberikan keuntungan yang menjanjikan.
Bahkan sektor pertanian lokal tampak tidak kompetitif dengan masuknya berbagai
macam komoditas pertanian impor. Belum lagi alih fungsi lahan yang
menyebabkan berkurangnya lahan pertanian produktif. Tak terkecuali pada bidang
SDM pertanian, bidang pertanian semakin ditinggalkan oleh kalangan
berpendidikan tinggi. Sektor pertanian tidak mampu memberikan perbedaan upah
(wage differential) dan jaminan sukses bekerja di bidang pertanian lebih rendah
dibanding sektor lain. Hal ini bisa dilihat dari penurunan minat siswa SMA
terhadap program studi pendidikan tinggi terkait pertanian dari tahun ke tahun
yang kemudian menjadi obyek penelitian ini. Namun demikian permasalahan
penurunan minat tidak bisa dinilai dari aspek kebijakan pertanian saja. Aspek
persaingan dalam dunia pendidikan, psikologi sosial dan kepribadian siswa atau
faktor-faktor lain dapat menjadi faktor penentu pilihan studi siswa.
Tujuan penelitian ini menganalisis faktor dominan dari faktor-faktor yang
menjadi preferensi siswa dan mahasiswa terhadap program studi terkait pertanian
dalam perspektif pemasaran pendidikan tinggi dengan menggunakan pendekatan
ekuitas merek berbasis konsumen (Consumer-based Brand Equity). Pendekatan
konsumen memungkinkan untuk diadopsi untuk kesuksesan pencapaian tujuan
pendidikan dan keberlangsungan hidup organisasi sendiri. Obyek penelitian
adalah Program Studi (PS) Agribisnis, Agroteknologi dan Peternakan Universitas
Padjadjaran. Data yang digunakan untuk penelitian ini merupakan data primer
hasil survei dari kuesioner yang dibagikan kepada responden. Responden terbagi
menjadi dua kelompok : 1) Responden siswa SMA; 2) Responden mahasiswa di
tiga program studi. Metode penelitian yang digunakan penelitian ini adalah PLS
(Partial Least Square) dengan piranti lunak SmartPLS V3.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menurut kelompok responden
siswa SMA ekuitas merek program studi dimaksud tidak tinggi. Ketiga program
studi memiliki ekuitas yang saling berdekatan. Namun terdapat peningkatan nilai
menurut kelompok responden mahasiswa dengan nilai yang berdekatan. Untuk
kelompok responden siswa SMA, faktor promosi merupakan faktor paling
signifikan yang memprediksi ketiga ekuitas merek program studi. Faktor lokasi
secara parsial mempengaruhi persepsi siswa SMA terhadap PS Agroteknologi
kemudian faktor citra sosial mempengaruhi siswa SMA terhadap PS Peternakan.
Berbeda dengan kelompok responden siswa SMA, pada kelompok responden
mahasiswa hanya ada satu faktor yang signifikan yang memprediksi ekuitas
merek dan terjadi pada PS Agribisnis dan Peternakan, yaitu faktor harga (biaya
SPP).
Collections
- MT - Economic and Management [2970]