Analisis Pengaruh Perdagangan Internasional Terhadap Permintaan Pariwisata Di Indonesia
Abstract
Peningkatan aktivitas perdagangan akan mendorong pertumbuhan jumlah
kunjungan wisatawan disuatu negara. Akan tetapi, tren pertumbuhan nilai
perdagangan di Indonesia tidak sejalan dengan tren pertumbuhan jumlah
kunjungan wisata dari beberapa negara asal wisatawan yang datang ke Indonesia.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi
permintaan pariwisata dan pengaruh perdagangan internasional terhadap
permintaan pariwisata di Indonesia. Metode yang digunakan adalah analisis panel
data dengan model gravity periode 2003-2013 dengan cross section meliputi 10
negara asal wisatawan yang melakukan kunjungan pariwisata ke Indonesia. Hasil
estimasi menunjukkan bahwa faktor-faktor yang memengaruhi permintaan
pariwisata di Indonesia secara signifikan adalah jarak ekonomi, GDP (Gross
Domestic Product), harga relatif, jumlah kunjungan wisatawan tahun sebelumnya
dan nilai perdagangan antara Indonesia dengan negara asal. Perdagangan
internasional berpengaruh positif secara signifikan terhadap permintaan pariwisata
di Indonesia, sehingga pemerintah dan para pengambil kebijakan hendaknya lebih
fokus dalam meningkatkan promosi pariwisata serta kegiatan ekspor kepada
negara-negara dengan GDP tinggi, dan meningkatkan strategi pemasaran
pariwisata yang murah dan berkualitas tinggi.