Analisis Tingkat Kesukaan Konsumen Terhadap Atribut Susu Pasteurisasi.
View/ Open
Date
2015Author
Dewi, Gita Septiana
Djuraidah, Anik
Silvianti, Pika
Metadata
Show full item recordAbstract
Susu dan produk olahannya merupakan salah satu bahan pangan yang
dibutuhkan oleh tubuh manusia. Kementerian Perindustrian Republik Indonesia
menyatakan bahwa konsumsi susu masyarakat Indonesia terbilang rendah
dibandingkan sejumlah negara di ASEAN. Hal ini merupakan peluang sekaligus
tantangan bagi pengusaha susu di dalam negeri untuk meningkatkan konsumsi susu
masyarakat Indonesia. Perusahaan ABCD akan mengeluarkan produk susu cair
pasteurisasi baru dan akan menganalisis tingkat kesukaan konsumen terhadap
produknya dan kompetitornya. Tingkat kesukaan terhadap produk ini dipengaruhi
beberapa atribut yaitu warna, kesegaran, aroma, kekentalan, rasa, tingkat gurih,
tingkat kemanisan, dan rasa yang tertinggal. Produk yang diteliti adalah susu
pasteurisasi jenis tawar, yaitu “2L8”, “3C6” dan “4P1”. Tujuan penelitian ini adalah
menentukan peringkat atribut-atribut yang mempengaruhi penilaian responden
terhadap suatu produk menggunakan metode Thurstone, mengetahui performa
produk secara keseluruhan menggunakan analisis biplot dan mengukur kemiripan
tingkat kesukaan antar responden menggunakan analisis procrustes. Hasil
penelitian menunjukan secara keseluruhan atribut rasa yang tertinggal merupakan
atribut yang sangat disukai oleh responden. Analisis biplot memetakan merk
sebagai objek dan atribut sebagai peubah. Produk “2L8” dinilai oleh responden
sebagai produk yang memiliki karakteristik atribut yang rata-ratanya lebih tinggi
dari produk yang lain. Analisis procrustes menunjukan bahwa konfigurasi matriks
responden anak-anak dan ibu rumah tangga memiliki kemiripan sebesar 72.25%.