View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Mathematics and Natural Sciences
      • UT - Statistics and Data Sciences
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Mathematics and Natural Sciences
      • UT - Statistics and Data Sciences
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisis Tingkat Kesukaan Konsumen Terhadap Atribut Susu Pasteurisasi.

      Thumbnail
      View/Open
      Full text (2.942Mb)
      Date
      2015
      Author
      Dewi, Gita Septiana
      Djuraidah, Anik
      Silvianti, Pika
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Susu dan produk olahannya merupakan salah satu bahan pangan yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Kementerian Perindustrian Republik Indonesia menyatakan bahwa konsumsi susu masyarakat Indonesia terbilang rendah dibandingkan sejumlah negara di ASEAN. Hal ini merupakan peluang sekaligus tantangan bagi pengusaha susu di dalam negeri untuk meningkatkan konsumsi susu masyarakat Indonesia. Perusahaan ABCD akan mengeluarkan produk susu cair pasteurisasi baru dan akan menganalisis tingkat kesukaan konsumen terhadap produknya dan kompetitornya. Tingkat kesukaan terhadap produk ini dipengaruhi beberapa atribut yaitu warna, kesegaran, aroma, kekentalan, rasa, tingkat gurih, tingkat kemanisan, dan rasa yang tertinggal. Produk yang diteliti adalah susu pasteurisasi jenis tawar, yaitu “2L8”, “3C6” dan “4P1”. Tujuan penelitian ini adalah menentukan peringkat atribut-atribut yang mempengaruhi penilaian responden terhadap suatu produk menggunakan metode Thurstone, mengetahui performa produk secara keseluruhan menggunakan analisis biplot dan mengukur kemiripan tingkat kesukaan antar responden menggunakan analisis procrustes. Hasil penelitian menunjukan secara keseluruhan atribut rasa yang tertinggal merupakan atribut yang sangat disukai oleh responden. Analisis biplot memetakan merk sebagai objek dan atribut sebagai peubah. Produk “2L8” dinilai oleh responden sebagai produk yang memiliki karakteristik atribut yang rata-ratanya lebih tinggi dari produk yang lain. Analisis procrustes menunjukan bahwa konfigurasi matriks responden anak-anak dan ibu rumah tangga memiliki kemiripan sebesar 72.25%.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/80378
      Collections
      • UT - Statistics and Data Sciences [1212]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository