Show simple item record

dc.contributor.advisorPuspitawati, Herien
dc.contributor.advisorMuflikhati, Istiqlaliyah
dc.contributor.authorWowiling, Rosilia Bionda
dc.date.accessioned2016-03-15T04:41:45Z
dc.date.available2016-03-15T04:41:45Z
dc.date.issued2015
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/79330
dc.description.abstractPerencanaan dan implementasi pendidikan anak merupakan sebuah proses dalam sebuah manajemen sumberdaya keluarga guna pengembangan sumberdaya lewat pendidikan. Anak adalah aset bangsa yang memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan. Dalam rangka mencapai itu semua diperlukan perencanaan dan implementasi pendidikan yang baik dari keluarga/orang tua dalam rangka menciptakan generasi bangsa yang berkualitas. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Menganalisis perencanaan pendidikan, implementasi pendidikan, dan perlindungan anak, 2) Menganalisis tingkat kepuasan lingkungan belajar anak, 3) Menganalisis pengaruh karakteristik keluarga, perencanaan pendidikan, implementasi pendidikan, dan perlindungan anak terhadap kepuasan lingkungan belajar anak usia 9-12 tahun. Desain dalam penelitian ini adalah cross sectional study. Contoh dalam penelitian ini adalah keluarga yang memiliki anak usia SD (9-12) tahun. Ibu dan anak dijadikan responden dalam penelitian ini. Kepada ibu ditanyakan tentang perencanaan pendidikan, implementasi pendidikan dan perlindungan anak, sedangkan pada anak ditanyakan tentang kepuasan lingkungan belajar di rumah. Penelitian dilakukan di dua kelurahan yaitu Kelurahan Kairagi Dua dan Kelurahan Paniki Bawah Kecamatan Mapanget Kota Manado. Teknik pengambilan contoh menggunakan metode purposive dengan total contoh sebanyak 100 keluarga. Rata-rata usia ayah 43.21 tahun, usia ibu 40.32 tahun, pendidikan ayah 11.85 tahun, pendidikan ibu 11.55 tahun, pekerjaan ayah 100.0 persen bekerja, dan hampir dua pertiga ibu (64.0 persen) bekerja. Jumlah anggota rumah tangga rata-rata 4.65 setara 5 orang, jumlah anak 2.29 setara 3 anak, lama menikah 15.37 tahun, pendapatan perkapita Rp 1 319 633/ bulan. Rata-rata jumlah jenis aset yang dimiliki 9.38 jenis, jumlah jenis kepemilikan fasilitas belajar rata-rata 5.72 jenis. Perencanaan pendidikan dengan rataan indeks 74.38 (kategori sedang). Keluarga dengan anak laki-laki yaitu 75.96 dan keluarga dengan anak perempuan 72.73. Indeks implementasi pendidikan rata-rata 62.95 (kategori sedang), keluarga dengan anak laki-laki yaitu 66.86 dan keluarga dengan anak perempuan 58.89. Rata-rata indeks perlindungan anak yaitu 79.50 dan masuk dalam kategori sedang. Perlindungan anak pada keluarga yang memiliki anak laki-laki 81.37 dan keluarga yang memiliki anak perempuan 77.55. Rata-rata kepuasan lingkungan belajar anak di rumah masuk dalam kategori sedang (indeks 76.21). Rata-rata indeks kepuasan anak laki-laki 76.23 lebih tinggi dibandingkan dengan anak perempuan 76.19 dan terjadi perbedaan yang signifikan (P-Value)=0.000 pada kepuasan lingkungan belajar anak di rumah. Hasil analisis regresi linier berganda pada penelitian ini menunjukkan bahwa fasilitas belajar dan implementasi pendidikan berpengaruh terhadap kepuasan lingkungan belajar anak di rumah. Dari hasil penelitian yang ada mengindikasikan bahwa semakin baik menyiapkan/menyediakan fasilitas belajar untuk anak dan semakin baik implementasi pendidikan dalam keluarga diharapkan akan meningkatkan kepuasan lingkungan belajar anak di rumah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, beberapa upaya dapat dilakukan dalam rangka menciptakan kepuasan lingkungan belajar anak di rumah adalah sebagai berikut: 1) Pemerintah diharapkan mampu menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman untuk anak seperti fisik bangunan sekolah dan fasilitas di sekolah, 2) Keluarga/orang tua menyusun perencanaan pendidikan yang terbaik untuk anak dan diimplementasikan dengan baik dalam rangka pemenuhan pendidikan anak khususnya kepuasan lingkungan belajar anak di rumah, dan juga perlindungan anak yang maksimal dari orang tua.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcHealth and Hygieneid
dc.subject.ddcHealth childrenid
dc.subject.ddc2015id
dc.subject.ddcBogor-Jawa Baratid
dc.titlePengaruh Perencanaan Dan Implementasi Pendidikan Dalam Keluarga Terhadap Kepuasan Lingkungan Belajar Anak Di Rumah.id
dc.typeThesisid
dc.subject.keywordkepuasan lingkungan belajar anak di rumahid
dc.subject.keywordimplementasi pendidikanid
dc.subject.keywordperencanaan pendidikanid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record