Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Awareness Masyarakat Muslim Kota Bogor Terhadap Produk Olahan Pangan Halal
View/ Open
Date
2015Author
Widagdo, Pramono
Hakim, Dedi Budiman
Arsyianti, Laily Dwi
Metadata
Show full item recordAbstract
Kota Bogor memiliki potensi dan peluang yang cukup besar bagi pemasaran produk pangan halal. Hal ini mengingat jumlah penduduk muslim Kota Bogor yang mencapai 91.96% dari total penduduknya serta persentase pengeluaran rata-rata per kapita sebulan untuk konsumsi makanan masyarakat Kota Bogor mencapai 44.62% dari total pengeluaran rumah tangga pada tahun 2011. Pola perilaku masyarakat dalam mengonsumsi produk pangan halal akan menjadi ukuran tingkat permintaan (demand side) terhadap produk tersebut. Dalam teori ekonomi dasar dijelaskan bahwa peningkatan permintaan produk pangan halal akan berpengaruh terhadap peningkatan usaha penyedia (supply side) produk pangan halal. Oleh karena itu, pengetahuan tentang demand side sangat bermanfaat dan sebagai prasyarat utama dalam melihat peluang usaha yang akan dikembangkan. Demand side ini dapat terbentuk karena awareness masyarakat terhadap pangan halal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat awareness dan faktor-faktor yang memengaruhi awareness masyarakat muslim terhadap pangan halal. Penelitian dilakukan dengan meninjau persepsi dari 174 orang masyarakat muslim di Kota Bogor melalui kuesioner. Analisis faktor dilakukan dengan menggunakan metode Structural Equation Modeling (SEM) sedangkan tingkat awareness dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang memengaruhi halal awareness secara langsung adalah tingkat halal self-efficacy dan peran label/sertifikasi halal sedangkan yang berpengaruh secara tidak langsung adalah tingkat ketakwaan, tingkat literasi halal, serta health reason.