Pemodelan persamaan struktural dengan partial least square pada kepuasan pelanggan kartu seluler xyz
View/ Open
Date
2014-12-29Author
Ruslan, abdul nasser
aam, alamudi
dian, kusumaningrum
Metadata
Show full item recordAbstract
Masalah kepuasan pelanggan menjadi masalah yang harus mendapat perhatian serius dari pelaku bisnis, tidak terkecuali pelaku bisnis kartu seluler. Hal ini dikarenakan kepuasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Loyalitas pelanggan merupakan salah satu dampak positif dari adanya kepuasan pelanggan. Oleh karena itu diperlukan penelitian untuk mengetahui pengaruh kepuasan pelanggan kartu seluler terhadap loyalitas, khususnya pengguna mahasiswa. Kepuasan dan loyalitas merupakan peubah yang tidak dapat diukur secara langsung (peubah laten). Metode yang tepat untuk mengetahui pengaruh kepuasan terhadap loyalitas adalah metode pemodelan persamaan struktural (pps), dengan metode partial least square (pls). Pps dengan metode pls digunakan ketika terdapat beberapa asumsi dalam pps berbasis peragam yang tidak terpenuhi, seperti menyebar normal ganda dan jumlah contoh yang besar. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah peubah produk, kegiatan penjualan, dan budaya berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Sementara itu peubah sesudah penjualan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Faktor yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan kartu seluler xyz adalah peubah produk. Selanjutnya, kepuasan berpengaruh positif terhadap loyalitas pelanggan kartu seluler xyz dan memiliki pengaruh yang cukup kuat. Peubah laten eksogen yang memiliki pengaruh secara tidak langsung terhadap loyalitas adalah produk dan kegiatan penjualan