Show simple item record

dc.contributor.advisorOktaviani, Rina
dc.contributor.authorBerliansyah, Azmal Gusri
dc.contributor.authorBerliansyah, Azmal Gusri
dc.date.accessioned2014-12-18T03:23:21Z
dc.date.available2014-12-18T03:23:21Z
dc.date.issued2014
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/72086
dc.description.abstractIndustri jasa penerbangan merupakan salah satu industri utama Indonesia yang bergerak di bidang jasa dan memiliki potensi yang sangat besar. Namun, dengan adanya kebijakan open sky policy sebagai bagian dari Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015 akan memberikan tantangan baru bagi industri jasa penerbangan nasional. Pelaku usaha industri jasa penerbangan nasional harus siap bersaing dengan pelaku usaha dari berbagai negara ASEAN dalam memperoleh pasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keunggulan komparatif jasa penerbangan nasional di pasar internasional, keunggulan kompetitif industri jasa penerbangan nasional, dan menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi permintaannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa industri jasa penerbangan nasional memiliki keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif. Faktorfaktor yang memengaruhi permintaan jasa penerbangan adalah produk domestik bruto, populasi, harga avtur, dan armada yang berpengaruh positif secara signifikan, sedangkan konsumsi rumah tangga berpengaruh negatif secara signifikan terhadap permintaan jasa penerbangan nasional.en
dc.description.abstractAir travel industry is one of main service industries in Indonesia and has a great potential. The Open Sky Policy as a part of ASEAN Economic Community 2015 will give other challenges for the Indonesian’s air travel industry. Every player of the Indonesia’s air travel industry has to be ready to compete with air travel industry’s players from other ASEAN countries to get market share. This research is aimed to analyze the comparative advantage of Indonesian air travel industry in international market, the competitive advantage of Indonesian air travel industry, and analyze determinants of the air travel demand in Indonesia. The results show that Indonesia’s air travel industry has comparative advantage and competitive advantage. The determinants of air travel demand are GDP, population, avtur price, and aircraft with positive and significant effects, and household consumption with negative and siginificant effect.en
dc.language.isoid
dc.publisherBogor Agricultural University
dc.titleDaya saing jasa penerbangan nasional dan faktor yang memengaruhi permintaannya dalam menghadapi open sky policy aec 2015en
dc.title.alternativeThe competitiveness of indonesia’s air travel service and the determinants of demand facing open sky policy aec 2015en
dc.typeUndergraduate Thesisen
dc.subject.keywordDaya Saingen
dc.subject.keywordJasa Penerbanganen
dc.subject.keywordKeunggulan Komparatifen
dc.subject.keywordKeunggulan Kompetitifen
dc.subject.keywordPermintaanen


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record