dc.description.abstract | Perencanaan desain palka yang optimal dapat menghasilkan produktivitas kapal yang optimal. Pengoptimalan desain kapal bisa dilakukan dengan melihat pendekatan Vfh/CUNO atau Vfh/Δ. Desain kapal yang baik bertujuan untuk menjamin keberhasilan dari kegiatan operasi penangkapan ikan serta meminimalkan biaya pembangunan kapal. Oleh karena itu, informasi mengenai pendekatan Vfh/CUNO dan Vfh/Δ sangat diperlukan dalam perencanaan desain kapal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk palka kapal cantrang ukuran ≤ 30 GT di PPN Brondong dan menghitung nilai Vfh/CUNO dan Vfh/Δ kapal cantrang ukuran ≤ 30 GT di PPN Brondong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa palka kapal cantrang berbentuk setengah kerucut terpancung dan prisma trapesium datar. Besar raiso Vfh/CUNO kapal cantrang yaitu 14,63% (ukuran ≤ 10 GT); 9-16% (ukuran 11-20 GT) dan 12-17% (ukuran 21-30 GT). Sementara itu, masing-masing nilai Vfh/Δ kapal cantrang ukuran ≤ 10 GT; 11-20 GT dan 21-30 GT yaitu 26,46%; 21,45-32,31% dan 19,91-39,05%. | en |