Show simple item record

dc.contributor.advisorNovita, Yopi
dc.contributor.advisorVita Rumanti K
dc.contributor.authorNatapraja, Muhammad Anggi
dc.date.accessioned2013-04-23T08:07:14Z
dc.date.available2013-04-23T08:07:14Z
dc.date.issued2010
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/62762
dc.description.abstractGalangan Kapal Koperasi Pegawai Negeri Dinas Perikanan DKI Jakarta (KPNDP) adalah salah satu galangan yang terletak di komplek UPT BTPI Muara Angke Jakarta. Saat ini, kegiatan yang dilakukan di galangan kapal KPNDP hanya melayani kegiatan reparasi kapal bagi kapal-kapal yang berada di sekitar Muara Angke dan kapal-kapal yang singgah di Muara Angke. Banyaknya kapal yang melakukan reparasi, menimbulkan antrian di galangan. Lamanya waktu reparasi kapal dan proses antrian tersebut dapat mempengaruhi tingkat kepuasan para pemilik kapal dan berpengaruh pula pada produktivitas galangan. Dengan demikian, perlu dilakukan upaya peningkatan teknologi yang dapat memperbaiki mekanisme reparasi kapal dan memperpendek waktu reparasi kapal. Namun sebelumnya, perlu dilakukan penilaian terhadap tingkat teknologi yang ada di galangan kapal KPNDP. Penilaian tingkat teknologi dilakukan dengan menghitung nilai TCC (technology contribution coefficient) dari komponen teknologi technoware (perangkat keras), humanware (perangkat pelaku), infoware (perangkat informasi), dan orgaware (perangkat organisasi). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli 2008 dengan menggunakan studi kasus sebagai metode penelitian di galangan kapal KPNDP. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif untuk mendeskripsikan teknik reparasi kapal di galangan kapal KPNDP. Selanjutnya, untuk menilai tingkat teknologi pada galangan digunakan model teknometrik dengan menilai kontribusi komponen teknologi yang diterapkan di galangan, meliputi komponen technoware, humanware, infoware, dan orgaware. Tahapan reparasi di galangan kapal KPNDP terdiri atas: persiapan, pemeriksaan, pembersihan, penggantian kayu yang rusak berat, pemakalan, pembakaran, pendempulan, dan pengecatan. Nilai kontribusi komponen technoware memiliki nilai kontribusi terendah sebesar 0,328 sedangkan komponen humanware memiliki kontribusi tertinggi sebesar 0,626. Nilai TCC dari galangan kapal KPNDP sebesar 0,415 menunjukkan bahwa teknologi di galangan tersebut sudah wajar dan dapat dikatakan tingkat teknologi galangan kapal tersebut berada pada level semi modern.en
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)
dc.titlePenilaian Tingkat Teknologi Galangan Kapal Koperasi Pegawai Negeri Dinas Perikanan DKI Jakarta di Muara Angkeen


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record