Show simple item record

dc.contributor.advisorWijayanto,Hari
dc.contributor.advisorSumertajaya, I Made
dc.contributor.authorSuhada, Ahmad Chaerus
dc.date.accessioned2012-05-09T01:08:36Z
dc.date.available2012-05-09T01:08:36Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/54476
dc.description.abstractInstitut Pertanian Bogor (IPB) merupakan salah satu institusi terbesar yang telah berusia 48 tahun berdasarkan Keputusan Menteri Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan (PTIP) Nomor 91 tahun 1963. Seiring perkembangan dunia pendidikan yang semakin maju, diperlukan evaluasi untuk menjaga dan meningkatkan kualitas serta kuantitas kinerja, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menghimpun opini mahasiswa melalui survei. Hasil survei kemudian dianalisis dengan metode statistika yang tepat sehingga dapat diketahui informasi posisi dari kinerja IPB dalam menyelenggarakan program pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja Institut Pertanian Bogor baik akademik maupun non-akademik berdasarkan survei kepuasan dan evaluasi proses belajar mengajar oleh mahasiswa. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data survei yang bersumber dari Kantor Manajemen Mutu (KMM). Data survei kepuasan terdiri dari tujuh aspek dengan total 48 pertanyaan (atribut) dari tahun 2006 sampai dengan 2011 pada setiap periode wisuda. Pada data survei kepuasan terdapat dua aspek yang memiliki atribut mengenai tingkat kepuasan dengan tingkat kepentingan atau tingkat penggunaan. Data EPBM terdiri dari data evaluasi per mahasiswa per matakuliah dengan 11 pertanyaan (peubah) dari tahun 2007 sampai dengan 2010 pada setiap semester. Hasil penelitian ini secara umum menunjukkan bahwa kinerja IPB berdasarkan survei kepuasan mahasiswa mengalami peningkatan yang cukup besar pada survei tahun 2008 kemudian relatif konstan sampai dengan survei tahun 2011. Khusus pada survei tahun 2007 kinerja IPB mengalami penurunan. Dilihat dari segi EPBM, secara umum mengalami peningkatan dari survei tahun 2007 sampai dengan survei tahun 2010 kecuali pada Atribut Dosen Menyampaikan Pesan Moral, Etika, dan Disiplin (D10) yang relatif menurun pada survei tahun 2010. Sedangkan pada Atribut Dosen Memberikan Tugas Mandiri untuk Meningkatkan Penguasaan Materi (D11) nilai EPBM meningkat secara perlahan dan cenderung bervariasi antar Fakultas. Atribut survei kepuasan pada Aspek Akademik yang relatif dianggap penting namun memiliki tingkat kepuasan relatif rendah sehingga perlu diadakan perbaikan adalah Perpustakaan (A8). Sedangkan pada Aspek Berbagai Layanan atau Fasilitas Penunjang dirasakan telah sesuai dengan apa yang diharapkan. Biplot pada survei kepuasan tahun akademik 2010/2011 mampu menjelaskan keragaman data sebesar 91.3%. Biplot tersebut menunjukkan bahwa kinerja yang dinilai paling kecil dibandingkan dengan Fakultas lainnya adalah Fakultas Ekonomi dan Manajemen (H), Fakultas Teknologi Pertanian (F), serta Fakultas Matematika dan IPA (G). Biplot EPBM tahun akademik 2010/2011 mampu menjelaskan keragaman data sebesar 95%. Biplot tersebut menunjukkan bahwa nilai EPBM paling kecil dibandingkan dengan Fakultas lainnya adalah Fakultas Peternakan (D) dan Fakultas Ekonomi dan Manajemen (H). Pada Fakultas Kedokteran Hewan (B) memiliki nilai relatif paling besar dibandingkan Fakultas lainnya pada setiap hasilen
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.subjectKinerjaen
dc.subjectEPBMen
dc.subjectSurvei Kepuasanen
dc.subjectIPAen
dc.subjectBiploten
dc.titleAnalisis Kinerja Institut Pertanian Bogor Berdasarkan Survei Kepuasan Mahasiswa Dan EPBMen


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record