Show simple item record

dc.contributor.advisorSusetyo,Budi
dc.contributor.advisorWigena, Aji Hamim
dc.contributor.authorAirlangga, Dimas Fajar
dc.date.accessioned2012-04-13T06:15:44Z
dc.date.available2012-04-13T06:15:44Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/54165
dc.description.abstractMetode yang umum digunakan untuk menyelesaikan masalah pengklasifikasian adalah metode CHAID (Chi-square Automatic Interaction Detection) dan regresi logistik. Metode CHAID dapat menjelaskan hubungan terstruktur antara peubah respon dengan peubah penjelas sehingga memberikan informasi yang mudah dimengerti, sedangkan regresi logistik dapat menunjukkan pengaruh terhadap peubah respon dari suatu kategori dalam peubah penjelas yang dibandingkan dengan kategori referensinya. Penelitian ini bertujuan menerapkan metode CHAID dalam menganalisis segmentasi pasar konsumen Aqua dan menerapkan regresi logistik untuk menguji kekonsistenan peubah yang berpengaruh dalam metode CHAID. Hasil CHAID menunjukkan empat peubah penjelas yang berpengaruh terhadap rencana membeli Aqua, yaitu kota, usia, pendidikan, dan pengeluaran per bulan. Analisis CHAID menghasilkan dua belas segmen pasar konsumen Aqua. Pengujian peubah dengan menggunakan analisis regresi logistik pada tiap node dari dendogram CHAID memberikan hasil yang konsisten.en
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.subjectmetode CHAIDen
dc.subjectregresi logistiken
dc.subjectsegmentasi pasaren
dc.titlePenerapan Metode CHAID dan Regresi Logistik dalam Analisis Segmentasi Pasar Konsumen Aquaen


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record