View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Mathematics and Natural Sciences
      • UT - Statistics and Data Sciences
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Mathematics and Natural Sciences
      • UT - Statistics and Data Sciences
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Pengklasifikasian Kantor Cabang Pembantu (KCP) Bank X Berdasarkan Faktor Bisnis dan Hubungannya dengan Faktor Nonbisnis

      Thumbnail
      View/Open
      full teks (923.9Kb)
      Date
      2011
      Author
      Rizki, Akbar
      Wijayanto, Hari
      Indahwati
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Ketatnya persaingan di dunia perbankan khususnya di Indonesia menuntut pihak masing-masing bank untuk terus melakukan perbaikan di berbagai aspek, salah satunya adalah aspek kinerja bank. Kinerja suatu bank dipengaruhi oleh beberapa faktor yang secara garis besar dibedakan menjadi faktor bisnis dan faktor nonbisnis. Kinerja suatu bank tidak hanya ditentukan oleh kinerja bank di pusat saja melainkan juga oleh unit kerja operasional bank, salah satunya adalah Kantor Cabang Pembantu (KCP). Banyaknya KCP yang harus dipantau menyebabkan diperlukannya pengklasifikasian KCP. Pengklasifikasian Kantor Cabang Pembantu (KCP) Bank X dilakukan berdasarkan faktor bisnis menggunakan metode k-means. Hasil pengklasifikasian KCP tersebut selanjutnya digambarkan menggunakan Chernoff face. Analisis regresi logistik multinomial dilakukan untuk mengetahui pengaruh faktor nonbisnis terhadap pengklasifikasian KCP. Hasil pengklasifikasian KCP Bank X berdasarkan faktor bisnis menghasilkan lima kelompok yang semua anggota dari masing-masing kelompok menyebar di berbagai daerah, baik daerah kota maupun kabupaten. Berdasarkan tampilan wajah Chernoff dan kriteria kebaikan KCP kelompok yang relatif baik faktor bisnisnya adalah kelompok tiga, sedangkan yang kurang baik adalah kelompok dua. Terdapat lima peubah faktor nonbisnis yang berpengaruh terhadap hasil pengelompokan pada taraf nyata 20%. Peubah tersebut adalah rata-rata APBD,
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/54127
      Collections
      • UT - Statistics and Data Sciences [2260]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository