Show simple item record

dc.contributor.authorYanura, Zaqie
dc.date.accessioned2011-10-04T03:00:22Z
dc.date.available2011-10-04T03:00:22Z
dc.date.issued2006
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/51003
dc.description.abstractPerkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang cepat telah mengubah gaya hidup masyarakat menjadi lebih praktis dan ekonomis. Internet merupakan salah satu bentuk teknologi informasi yang cukup berkembang dan banyak dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan manusia. Kontribusi perkembangan teknologi internet dalam konteks globalisasi ekonomi yang saat ini sedang berkembang diantaranya penerapan internet sebagai media promosi dan transaksi d a m perdagangan atau sering disebut dengan istilah E-commerce. Seiring dengan meningkatnya jumlah pengguna internet di seluruh dunia maka banyak pelahu usaha yang memanfaatkan E-commerce sebagai salah satu strategi dalam kegiatan pemasaran. Aplikasi E-commerce mulai banyak diterapkan pada sektor usaha agribisnis. Menumt Goldrnan Sachs, 12 persen dari total penjualan sektor agribisnis di Amerika Serikat berpindah tempat menuju media online pada tahun 2004. Begitu pula perkembangan E-commerce pada sektor agnbisnis di negara Spanyol, produk yang diperjualbelikan antara lain produk perikanan, telur, produk pertanian yang perishables clan daging sapi, sedangkan perkembangan Ecommerce pada sektor agribisnis di Indonesia tidak secepat pada negara-negara maju namun keberadaan E-commerce mulai banyak diterapkan terutama sebagai me&a promosi produk pertanian (Danang, 2004). Hambatan usaha yang banyak dialami oleh para pelaku agribisnis diantaranya kesulitan dalam menjual hasil produk mereka. Banyak produk yang dihasilkan ketika musim panen tiba, namun para pelaku usaha tidak tahu tempat menjual produk tersebut dan kesulitan untuk mempromosikan produk mereka. Salah satu upaya mengatasi ha1 tersebut dengan pemanfaatan jaringan intemetlE-commerce sebagai media promosi dan perdagangan dalam skala pasar yang global. Penerapan E-commerce pada suatu pemsahaan agribisnis perlu mempertimbangkan berbagai faktor, baik dari segi internal (ketersediaan biaya dan strategi manajemen perusabaan) maupun dari segi eksternal (ketersediaan infrastmktur teknologi informasi dalam masyarakat, kebudayaan konsumen, dan lainnya). Pertimbangan ini diperlukan agar penggunaan E-commerce dapat berjalan dengan efektif sesuai tujuan jangka panjang pemsahaan. Tujuan penelitian ini adalah 1) memformulasikan faktoren
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.titleAnalisis faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan e-commerce pada sektor agribisnis (Studi kasus pada beberapa perusahaan agribisnis di Jakarta)en


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record