Show simple item record

dc.contributor.authorRina
dc.date.accessioned2011-07-07T03:17:52Z
dc.date.available2011-07-07T03:17:52Z
dc.date.issued2011
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/47449
dc.description.abstractPersaingan bidang telekomunikasi di Indonesia ditandai dengan beragamnya promo yang ditawarkan sejumlah operator. Keberhasilan suatu promo dapat dilihat dari respon masyarakat terhadap promo tersebut. Salah satu indikatornya adalah penjualan stater pack atau kartu perdana seluler. Dengan menganalisis perubahan pola market share penjualan stater pack, dapat diketahui apakah promo yang ditawarkan suatu operator tersebut efektif. Perubahan pola ditandai dengan adanya titik perubahan atau breakpoint. Beberapa pendekatan yang dapat digunakan adalah pendekatan metode pemulusan (smoothing) dan pendekatan change point analysis (CUSUM dan bootstrap). Penelitian ini bertujuan untuk melihat pola market share penjualan stater pack kartu seluler dan menerapkan pendekatan metode pemulusan (smoothing) dan change point analysis (CPA) dalam menentukan titik perubahan atau breakpoint. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data harian market share penjualan stater pack sembilan provider (Brand A, Brand D, Brand E, Brand F, Brand G, Brand H, dan Brand I) kartu seluler 1 Januari 2008 sampai 22 Juli 2010 di wilayah Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara, Sumatera Bagian Selatan, Bali dan Kalimantan. Hasil dari penelitian ini adalah perubahan market share suatu provider dipengaruhi oleh provider lain. Saat suatu provider mengalami peningkatan, provider lain mengalami penurunan market share begitupun sebaliknya. Pada kelompok market share tinggi (Brand A, Brand D, dan Brand F), terjadi persaingan yang ketat antara ketiga provider. Selain itu, peluncuran promo-promo baru ternyata efektif meningkatkan market share para provider. Dari berbagai macam jenis promo yang ditawarkan, promo tarif telepon dan paket bonus lebih efektif meningkatkan market share penjualan kartu perdana.en
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)
dc.subjectBogor Agricultural University (IPB)en
dc.subjectbreakpointen
dc.subjectmetode smoothingen
dc.subjectCUSUMen
dc.subjectbootstrapen
dc.subjectchange-point analysisen
dc.titlePenerapan CUSUM dalam penentuan breakpoint pada data time series: studi kasus market share penjualan stater pack kartu seluler di wilayah Indonesia Bagian Barat dan Tengahen


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record