Segmentasi pasar produk mie cepat saji menggunakan fuzzy c-Means
Abstract
Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder yang diperoleh dari data penelitian mahasiswa Departemen Agrobisnis Fakultas Pertanian IPB dengan judul penelitian Pola Konsumsi dan Preferensi Mie Konsumen Rumah Tangga di Jakarta Timur. Data ini meliputi variabel-variabel segmentasi pasar, yaitu geografi, demografi, psikografis dan cohort atau generasi dan perilaku. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan logika fuzzy dengan metode Fuzzy C-Means (FCM) dalam menganalisis segmentasi pasar produk dan merumuskan segmentasi pasar produk berdasarkan geografis, demografis, psikografis, cohort atau generasi dan perilaku. Hasil dari penelitian ini diharapkan mampu memberikan masukan dalam perencanaan dan menentukan kebijakan strategi pemasaran produk. Dari percobaan segmentasi terhadap responden produk mie cepat saji didapat kesimpulan bahwa jumlah cluster yang paling valid adalah dua buah cluster. Cluster 1 berisi responden dengan tingkat pendidikan, jumlah penghasilan dan pengeluaran perbulan lebih tinggi dibanding responden pada cluster 2. Responden pada cluster 1 lebih memperhatikan rasa, merek, tekstur, kemudahan mendapatkan produk, kandungan gizi dan bahan pengawet, tanggal kadaluarsa dan perusahaan yang memproduksi mie cepat saji dibandingkan dengan responden pada cluster 2. Dilain pihak, untuk segi harga, desain dan ukuran kemasan serta iklan produk mie cepat saji tersebut, responden pada cluster 2 lebih memperhatikan dibandingkan responden pada cluster 1. Lama men-stok mie cepat saji pada cluster 1 jauh lebih banyak dibanding responden pada cluster 2 dan jumlah mie cepat saji yang dibeli dalam satu kali pembelian jauh lebih banyak responden pada cluster 1 dibanding cluster 2.
Collections
- UT - Computer Science [2322]