View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Mathematics and Natural Sciences
      • UT - Computer Science
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Mathematics and Natural Sciences
      • UT - Computer Science
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Segmentasi pasar produk mie cepat saji menggunakan fuzzy c-Means

      Thumbnail
      View/Open
      Full Text (1.073Mb)
      Date
      2006
      Author
      Daulay, Aisyah Marlian
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data sekunder yang diperoleh dari data penelitian mahasiswa Departemen Agrobisnis Fakultas Pertanian IPB dengan judul penelitian Pola Konsumsi dan Preferensi Mie Konsumen Rumah Tangga di Jakarta Timur. Data ini meliputi variabel-variabel segmentasi pasar, yaitu geografi, demografi, psikografis dan cohort atau generasi dan perilaku. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan logika fuzzy dengan metode Fuzzy C-Means (FCM) dalam menganalisis segmentasi pasar produk dan merumuskan segmentasi pasar produk berdasarkan geografis, demografis, psikografis, cohort atau generasi dan perilaku. Hasil dari penelitian ini diharapkan mampu memberikan masukan dalam perencanaan dan menentukan kebijakan strategi pemasaran produk. Dari percobaan segmentasi terhadap responden produk mie cepat saji didapat kesimpulan bahwa jumlah cluster yang paling valid adalah dua buah cluster. Cluster 1 berisi responden dengan tingkat pendidikan, jumlah penghasilan dan pengeluaran perbulan lebih tinggi dibanding responden pada cluster 2. Responden pada cluster 1 lebih memperhatikan rasa, merek, tekstur, kemudahan mendapatkan produk, kandungan gizi dan bahan pengawet, tanggal kadaluarsa dan perusahaan yang memproduksi mie cepat saji dibandingkan dengan responden pada cluster 2. Dilain pihak, untuk segi harga, desain dan ukuran kemasan serta iklan produk mie cepat saji tersebut, responden pada cluster 2 lebih memperhatikan dibandingkan responden pada cluster 1. Lama men-stok mie cepat saji pada cluster 1 jauh lebih banyak dibanding responden pada cluster 2 dan jumlah mie cepat saji yang dibeli dalam satu kali pembelian jauh lebih banyak responden pada cluster 1 dibanding cluster 2.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/45897
      Collections
      • UT - Computer Science [2482]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository