Deskripsi Karakteristik Penonton Pada Setiap Jenis Acara TV
Abstract
Informasi tentallg karakteristik penonton TV yang merokok pada setiap jenis acara sangat penting bagi pengiklan atau biro iklan rokok dalam menentukan anggann belanja iklan dan alokasi belanja iklannya, dengan pertimbangan agar pesan perikIanan dapat diatahkan kepada sasaran ildan. yaitu target konsumen dari suatu merek rokok. • Deskripsi tentang karakteristik penggemar atau peoonton yang merokok pada setiap jenis acara TV berdasarkan pcubah demografi pcnontonnya akan lebih mudah diinterpretasikan jika disajikan sceara visual, yaitu dalam bentuk plot dua dimensi. Namun deskripsi secam visual ini tidak dapat memberi~ infonnasi tentang jumIah atau persentase penonton pada setiap jenis acara. Terdapat beberapa pilihan metode yang dapat digunakan untuk tujuan tcrsebut, diantaranya adalah analisis korespondensi dan ana!isis biplot Dengan analisis korcspondensi dan anaiisis biplot juga dapat dilihat secara visual. jenis acara yang cenderung sarna atau jenis acara yang cenderung berbeda berdasarkan karakteristik penggemamya. Proporsi keragaman yang dapat diterangkan oleh dua sumbu utama hasil analisis korespondensi sangat rendah dibandingkan analisis biplot. Proporsi keragaman yang dapat diterangkan oleh dua sumbu utama hasil analisis korespondensi adalah 11.75%. sedangkan proporsi keragaman yang dapat diterangkan oleh dua sumbu utama analisis biplot adalah 89.2%. Dengan proporsi keragaman dua sumbu utama yang lebih rendah dibandingkan anaHsis biplot, gambaran karnkteristik. penggemar (yang merokok) pada setiap jenis acara dalam bentuk gratis dua dimensi yang ditunjukkan analisis korespondensi lebil). baik dibandingkan analisis biplot.