Penggunaan Biplot dalam Mendeskripsikan Karakteristik Lokasi Real Estat
Abstract
Konsumen umumnya memiliki pertimbangan khusus dalam memilih lokasi real estat yang akan dibeli. Keputusan tersebut meliputi mudah lidaknya lokasi dijangkau,kedekatannya dengan tempal kerja, kedekalannya dengan berbagai fasilitas baik ekonomi maupun sosial keadaaan lingkungannya, hingga pcrtimbangan sebagai salah satu samna investasi. Biplot digunakan untuk mendeskrpsikan lokasi real eSlal menurul bebempa peubah persepsi konsumen. Peubah-peubah persepsi dalam penelitian ini adalah keadaan udam, kelayakan minum air tanah, nilai jual kembali, prospek masa depan, aksesibilitas, ketersediaan fasililas umum, kelayakan untuk tinggal kelayakan sebagai samna investasi, dan kemacetan lalu lintas. Lokasi real estat dalam penelitian ini adalah Bekasi, Tangemng, Depok, Serpong, Kamwang, Cikarang, Cinere, Kelapa Gading, Kalimalang. Bogor. Ciputat, Bintaro, Sentul, Cibubur. Pamulang. dan Kemayomn.