Analisis Strategi Bisnis Perusahaan Kertas (Studi Kasus di PT. Kertas Bekasi Teguh, Bekasi, Jawa Barat).
Abstract
Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki keunggulan komparatif dalam agribisnis pulp dan kertas. Secara alamiah, daerah tropis yang memperoleh intensitas sinar matahari tertinggi di dunia merupakan "pabrik" alam yang paling efisien dalam memproduksi serat alam (Saragih, 2001). Kertas adalah kebutuhan dasar dewasa ini. Hampir semua aktivitas kehidupan menggunakan kertas. Berbagai jenis kertas seperti kertas surat kabar, kertas pembungkus, kertas tulis dan cetak, kertas tisu dipakai diseluruh dunia. Kegiatan pendidikan, perkantoran, percetakan, media ce~ak n;asih dibutuhkan, konsumsi kertas akan terus meningkat . Karena itu negara-negara yang memiliki keunggulan sebagai produsen kertas memiliki kesempatan yang besar untuk berkembang.