Analisis brand equity (ekuitas merek) produk ikan kaleng pengunjung supermarket Matahari Sultan Plaza Kota Bandung
Abstract
Peran brand equity sangat penting sebagai Iandasan dalam menentukan langkah dan strategi pemasaran dari suatu produk. Semakin kuat brand equity suatu produk, dalam hal ini produk ikan kaleng, semakin kuat pula daya tariknya di mata konsumen untuk mengkousumsi produk tersebut yang selanjutnya akan menghantarkan perusahaan meraih keuntungan yang diharapkan. Dalam penelitian ini dipelajari persepsi konsumen ikan kaleng pada berbagai elemen brand equity, antara lain : brand awareness, brand association, brand perceived quality, dan brand loyalty. Metoda pengambilan sampel yang digunakan adalah accidental sampling. Adapun konsumen yang diambil sebagai sampel dalam penelitian ini adalah 53 orang pengunjung Supermarket Matahari Sultan Plaza. Merek ikan kaleng Gaga memperoleh peringkat paling ideal dalam setiap tingkatan elemen brand awareness disusul merek Botan dan merek ABC. Hal ini dimungkinkan karena ketiga merek tersebut mempunyai pangsa pasar produk ikan kaleng terbesar di Bandung. Asosiasi-asosiasi pembentuk brand image dari merek Botan, lebih banyak daripada yang dimiliki oleh merek Gaga dau ABC pada elemen brand association. Hal ini berkorelasi positif dengan hasil yang diperoleh pada elemen brand perceived quality dimana kondisi merek Botan juga lebih baik daripada merek Gaga dan ABC. Sementara pada elemen brand loyalty, ketiga merek berada dalam kondisi yang tidak jauh berbeda. Hampir semua informasi pada setiap tahapan brand loyalty menguntungkan perusahaan, kecuali pada tahapan committed buyer, dimana pihak perusahaan dari ketiga merek tersebut harus mengeluarkan biaya promosi lebib besar karena hampir tidak ada keikutseitaan konsumen dalam mempromosikan produk ikan kaleng tersebut kepada orang lain. Secara umum merek ikan kaleng Botan memiliki brand equity paling kuat diantara ketiga merek ikan kaleng yang dianalisis.