dc.description.abstract | Penelitian ini merupakan studi kasus di tiga S1-ill Negeri di Jakarta dengan tujuan untuk mengetahui persepsi siswa mengenai perguruan tinggi dan perilaku akademik siswa. SMU yang terpilih merupakan SMU kategori A, SMU kategori B dan 8Ml J kategori C. Konsep din siswa SMU mengenai pergw-uan tinggi diketahui melalui persepsi dan perilaku akademik mereka selama masih berada eli SMU. Persepsi siswa mengenai perguruan tinggi tersebut dapat dikategorikan menjadi empat kategori. Pe.ttama yaitu kategori siswa yang menyebutkan definisi dan tujuan masuk perguruan tinggi. Kedua, kategori siswa yang menyebutkan istilah atau unsur akademik perguruan tinggi seperti skripsi, makalah, D3, SI. IP, eL. BEM. Ketiga, kategori SiSW4 yang menyebutkan sifat atau dri kehidupan kampus yaitu individlJalis. mandiri, senioritas, berorganisasi, pergaulan yang luas. Keempat. kategori siswa Y'dIlg menyebutkan salah satu perguruan tinggi yaitu UI dan UGM. Persepsi tersebut dapat dibedakan berdasarkan peubah prestasi SMU, sumber infonnasi, rencana setelah lulus perguruan tinggi, pendidikan terakhir ayah, pendidikan terakhir ibu. keikutsertaan bimbingan beIajar dan tingkat frekuensi mengunjungi perpustakaan dengan menggunakan uji asosiasi khi kuadrat pada lafaf nyala yang berbeda hingga laraf nyata 20%. | id |