Show simple item record

dc.contributor.authorNotodiputro, Khairil Anwar
dc.date.accessioned2010-05-13T03:40:19Z
dc.date.available2010-05-13T03:40:19Z
dc.date.issued1982
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/20908
dc.description.abstractJumlah dan kualitas tenaga akademik ditinjau dari sudut bidang ilmu dan perguruan tinggi tempat bertugas masih belum memadai. Untuk mengatasi ha1 ini pemerintah telah menyelenggarakan beberapa program, diantaranya adalah pengangkatan tenaga akademik baru, penataran, pendidikan pasca sarjana dan doktor , pencangkokan, dan penugasan tenaga akademik senior ke berbagai perguruan tinggi . Agar program ini berjalan lancar, pemerintah harus mempunyai gambaran yang jelas mengenai keadaan tenaga akademik disetiap perguruan tinggi dan fakultas sehingga kualitas dan kuantitasnya dapat diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang terperinci tentang keadaan tenaga akademik fakultas disetiap perguruan tinggi negeri. Disamping itu penelit ian ini pun bertujuan untuk membuat penggolongan fakultas dari seluruh perguruan tinggi negeri atas dasar keadaan tenaga akademiknya, Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar tenaga akademik kita sudah senior . Namun kesenioran itu hanya dari segi umur saja . Dari segi pendidikan dan golongan pangkat sebagian besar dari mereka belum senior . Banyaknya seluruh tenaga akademik perguruan t i n g g i dibandingkan dengan banyaknya mahasiswa masih belum memadai. Apalagi kalau di ingat bahwa yang berhak mengajar secara mandiri adalah golongan IVa ke atas , maka perbandingan itu menjadi semakin memburuk. Disisi lain penyebaran tenaga akademik tidak berimbang diantara perguruan tinggi maupun kelompok bidang ilmu. Sehingga strategi untuk mengembangkan perguruan tinggi haruslah senantiasa memperhatikan kenyataan i n i . Hasil analisis faktor menunjukkan bahwa untuk ketujuh bidang ilmu yang ditelaah terdapat tiga pola dari ciri yang muncul pada Setiap faktor. Pertama, kelompok bidang ilmu kesehatan dan pertanian yang menampilkan ciri kesenioran pada faktor 1 dan ciri keyunioran pada faktor-faktor. Kedua, kelompok bidang keteknikan dan seni budaya yang menampilkan ciri keyunioran pada faktor 1 sedangkan faktor 2 menampilkan ciri kesenioran. Ketiga, kelompok bidang sains dan matematika, sains sosial ekonomi, dan kependidikan yang menampilkan ciri kesenioran pada faktor 1, sedangkan f a k t o r 2 menunjukkan c i r i s e l a i n kesenioran dan keyunioran. Atas dasar f a k t o r yang d i p e r o l e h i t u dan dengan menghitung s k o r f a k t o r n y a d a p a t l a h d i b u a t penggolongan f a k u l t a s dalam s e t i a p kelompok bidang ilmu. Untuk bidang s a i n s dan matematika d i p e r o l e h 3 golongan f a k u l - t a s , bidang keteknikan d i p e r o l e h 6 golongan, bidang kesehatan d i p e r o l e h 5 golongan, bidang p e r t a n i a n 7 golongan, bidang s a i n s s o s i a l ekonomi 7 golongan, bidang s e n i s a s t r a dan f i l s a f a t 5 golongan, dan untuk bidang kependidikan d i p e r o l e h 7 golongan f a k u l t a s , Dari h a s i l penggolongan i t u d a p a t l a h d i p e r o l e h petunjuk tentang keragaman t a r a f perkembangan s e t i a p f a k u l t a s dipandang d a r i s e g i tenaga akademiknya.id
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)
dc.titleKeragaman Taraf Perkembangan Perguruan Tinggi dan Penggolongan Fakultas di Seluruh Perguruan Tinggi Negeriid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record