Pengembangan Bisnis Kale Organik Krispi di Persada Farm Bogor
Abstract
Persada Farm Bogor memiliki hasil sortasi dan kelebihan produksi sayur kale organik layak untuk di konsumsi yang tidak terserap pasar dan belum termanfaatkan. Kondisi ini membuka peluang bagi Persada Farm untuk mengembangkan diversifikasi produk yaitu kale organik krispi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan bisnis berdasarkan aspek non finansial, aspek finansial dan nilai tambah. Metode analisis yang digunakan yaitu deskriptif, finansial dan metode hayami. Selain itu, metode Hayami digunakan untuk menganalisis nilai tambah dari proses pengolahan. Hasil kajian pengembangan dari aspek non finansial dikatakan layak. Hasil dari aspek finansial menunjukkan bahwa bahwa pengembangan produk kale krispi layak secara finansial dengan nilai NPV Rp115.919.721,06 , IRR 86%, Gross B/C 1,14 dan Net B/C 3,09, payback period selama 2 tahun 1 bulan, nilai tambah dengan rasio tinggi sebesar 59%. Inovasi ini dinilai menguntungkan dalam meningkatkan efisiensi pemanfaatan hasil panen, memperluas peluang pasar. Perusahaan perlu mengembangkan dan konsistensi pemasaran untuk menjangkau kale organik krispi ke pasar yang luas. Persada Farm Bogor has surplus and sorted organic kale produce that is still fit for consumption but has not been absorbed by the market and remains underutilized. This condition presents an opportunity for Persada Farm to develop a product diversification initiative, namely crispy organic kale. The purpose of this study is to analyze the business development based on non-financial aspects, financial aspects, and value-added potential. The analytical methods used include descriptive analysis, financial analysis, and the Hayami method. The Hayami method was specifically employed to assess the value added from the processing activities. The results of the non-financial aspect analysis indicate that the business development is feasible. Financial analysis reveals that the crispy kale product is financially viable, with a Net Present Value (NPV) of IDR 115,919,721.06, an Internal Rate of Return (IRR) of 86%, a Gross Benefit-Cost Ratio (Gross B/C) of 1.14, a Net Benefit-Cost Ratio (Net B/C) of 3.09, and a payback period of 2 years and 1 month. The value-added analysis shows a high ratio of 59%. This innovation is considered beneficial in enhancing the efficiency of harvest utilization, expanding market. The company needs to further develop and maintain consistent marketing efforts to reach a broader market for crispy organic kale.
