Analisis Value Chain, Efisiensi Biaya Kemasan dan Nilai Tambah Ekspor Tanaman Hias pada PT Berkah Melano Indonesia
Abstract
Ekspor tanaman hias merupakan kegiatan yang memiliki potensi besar, selain itu terdapat tantangan yang dihadapi dalam menjaga kualitas produk selama proses pengiriman. Salah satu aspeknya yaitu pengemasan, selain menjadi pelindung tapi juga terlibat dalam efisiensi biaya dan nilai tambah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis rantai nilai (value chain) diantaranya produksi, perawatan, pengemasan, dan pengiriman, efisiensi biaya kemasan, dan nilai tambah dari penggunaan kemasan kardus dan plastik dalam ekspor tanaman hias pada PT Berkah Melano Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemasan kardus lebih efisien walaupun biaya yang dikeluarkan lebih tinggi namun memberikan perlindungan lebih baik dengan rasio nilai tambah yang tinggi sebesar 43,84, sementara kemasan plastik lebih rendah biaya yang dikeluarkan namun memiliki risiko kerusakan terhadap tanaman lebih tinggi dan rasio nilai tambah yang dihasilnya hanya sebesar 28,74 sehingga hal ini dapat menjadi pertimbangan perusahaan dalam pengambilan keputusan untuk penggunaan jenis kemasan. Ornamental plant export is an activity that has great potential, besides that there are challenges faced in maintaining product quality during the delivery process. One of the aspects is packaging, in addition to being a protector but also involved in cost efficiency and added value. The purpose of this study is to analyze the value chain including production, maintenance, packaging, and delivery, packaging cost efficiency, and added value from the use of cardboard and plastic packaging in ornamental plant exports at PT Berkah Melano Indonesia. The research results show that cardboard packaging is more efficient, even though the costs incurred are higher, it provides better protection with a high value-added ratio of 43.84. Meanwhile, plastic packaging has lower costs but a higher risk of damage to the plants, with a value-added ratio of only 28.74. Therefore, this can be a consideration for the company in making decisions regarding the type of packaging to use.
