Strategi Content Creator Dalam Membangun Brand awareness Pada Konten Edutainment Di Media Sosial Tiktok @Pilihjurusan.Id
Abstract
Media sosial saat ini menjadi sarana strategis dalam membangun brand
awareness, salah satunya melalui platform TikTok yang memiliki algoritma berbasis
minat pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi konten yang
dijalankan akun @pilihjurusan.id, sebuah akun edukasi digital yang memberikan
informasi seputar pemilihan jurusan kuliah, prospek karier, dan tips akademik.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berupa wawancara, observasi, analisis
konten media sosial, dan studi literatur, penelitian ini mengkaji proses kreatif
pembuatan konten edutainment serta upaya optimalisasi strategi agar lebih efektif di
TikTok. Teori proses kreatif Graham Wallas, tahapan evaluasi konten Petty, serta
prinsip konsistensi dan engagement Musman dijadikan acuan dalam analisis,
didukung dengan metode SWOT untuk memetakan kekuatan, kelemahan, peluang,
dan ancaman strategi konten. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi
bagi content creator, pelaku edukasi digital, serta peneliti selanjutnya dalam
merancang strategi konten edukatif yang efektif, menarik, dan mampu meningkatkan
brand awareness di era digital yang semakin kompetitif Social media has become a strategic platform for building brand awareness,
particularly through TikTok, which uses an interest-based algorithm. This study aims
to analyze the content strategy implemented by @pilihjurusan.id, an educational
digital account providing information about college major selection, career
prospects, and academic tips. Using qualitative methods including interviews,
observations, social media content analysis, and literature review, the research
examines the creative process behind edutainment content and efforts to optimize
strategies for greater effectiveness on TikTok. The study adopts Graham Wallas’
creative process theory, Petty’s content evaluation stages, and Musman’s principles
of consistency and audience engagement, supported by SWOT analysis to identify
strengths, weaknesses, opportunities, and threats within the content strategy. The
findings are expected to serve as a reference for content creators, digital educators,
and future researchers in designing educational content strategies that are effective,
engaging, and capable of enhancing brand awareness in an increasingly competitive
digital era.
