View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Human Ecology
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Master Theses
      • MT - Human Ecology
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Strategi Komunikasi Pedagang Kaki Lima Perantau Minangkabau Dan Penduduk Asli (Studi Kasus Di Pasar Jatibarang, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat).

      Thumbnail
      View/Open
      Fulltext (29.71Mb)
      Date
      2007
      Author
      Ernita
      Mangkuprawira, Sjafri
      Riyanto, Sutisna
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Pedagang kaki lima di Pasar Jatibarang memiliki cara tersendiri untuk mengkomunikasikan barang dagangannya agar laku terjual. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis perbedaan strategi komunikasi pedagang kaki lima perantau Minangkabau dengan Penduduk Asli di Pasar Jatibarang, (2) menganalisis hubungan strategi komunikasi pedagang kaki lima perantau Minangkabau dan Penduduk Asli dengan persepsi pembeli mengenai pemahaman, daya tarik dan dorongan membeli, (3) merumuskan strategi komunikasi yang efektif bagi pedagang kaki lima di Pasar Jatibarang. Penelitian ini bersifat deskriptif korelasional. Sample yang diambil berjumlah 30 orang pembeli. Untuk melihat perbedaan antara dua pedagang digunakan uji T-Test, untuk melihat hubungan antar peubah digunakan korelasi Rank Spearman. Hasil penelitian menunjukkan: (1) strategi komunikasi secara verbal tidak terdapat perbedaan antara pedagang kaki lima perantau Minangkabau dengan Penduduk Asli, namun secara non verbal terdapat perbedaan. (2) strategi komunikasi verbal pada pedagang kaki lima perantau Minangkabau memiliki hubungan dengan pemahaman, daya tarik dan dorongan membeli, sedangkan secara nonverbal hanya berhubungan dengan pemahaman. Pada pedagang kaki lima Penduduk Asli, secara verbal berhubungan dengan pemahaman dan secara nonverbal dengan pemahaman dan daya tarik. (3) strategi komunikasi yang efektif bagi pedagang kaki lima di Pasar Jatibarang adalah berteriak, menyapa, mempersilahkan, tersenyum, posisi tubuh, dan memasang bandrol harga.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/165532
      Collections
      • MT - Human Ecology [2388]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository