Evaluasi Pengelolaan Usaha Ayam Cepat Saji di Plered Kabupaten Purwakarta Jawa Barat
Date
2025Author
Hidayat, Aditya Rukmana
Dewi, Sari Putri
Mawaddah, Siti
Metadata
Show full item recordAbstract
ADITYA RUKMANA HIDAYAT. Evaluasi Pengelolaan Usaha Ayam Cepat Saji di Plered Kabupaten Purwakarta Jawa Barat. Dibimbing oleh SARI PUTRI DEWI dan SITI MAWADDAH.
Daging ayam merupakan sumber protein hewani yang digemari oleh masyarakat Indonesia. SnapChicken merupakan usaha yang bergerak di bidang pengolahan hasil ternak ayam broiler, yang memiliki tujuan pemenuhan kebutuhan protein hewani masyarakat Indonesia. Tujuan praktik usaha peternakan ini sebagai upaya realisasi usaha di bidang peternakan, khususnya pengolahan hasil ternak ayam broiler secara langsung di wilayah Kecamatan Plered, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Metode praktik usaha dilakukan secara langsung mulai dari proses pengolahan hingga proses penjualan ayam cepat saji selama 4 bulan. Produk yang dimiliki oleh usaha SnapChicken yaitu Ayam Ungkep Bumbu Kuning, Spicy Chicken Wings, dan Ayam Goreng Bawang Putih. Harga setiap produk berada di atas break event piont yang menunjukan bahwa setiap penjualan produk memiliki keuntungan. Produk dengan total penjualan terbanyak yaitu Spicy Chicken Wings , dengan total produk terjual 330 unit. Usaha ini layak dilanjutkan yang dibuktikan dengan nilai R/C sebesar 1,25. ADITYA RUKMANA HIDAYAT. Evaluation of Fast Food Chicken Business Management in Plered, Purwakarta Regency, West Java. Supervised by SARI PUTRI DEWI and SITI MAWADDAH.
Chicken meat is a source of animal protein that is favored by the people of Indonesia. SnapChicken is a business engaged in the processing of broiler livestock products, which has the aim of meeting the animal protein needs of the Indonesian people. The purpose of this livestock business practice is an effort to realize business in the field of animal husbandry, especially the processing of broiler chicken livestock products directly in the Plered District area, Purwakarta Regency, West Java. The method of business practice is carried out directly from the processing process to the process of selling fast food chicken for 4 months. The products owned by the SnapChicken business are Ayam Ungkep Bumbu Kuning, Spicy Chicken Wings, and Ayam Goreng Bawang Putih. The price of each product is above the break event piont which shows that each product sale has a profit. The product with the most sales is Spicy Chicken Wings, with a total of 330 units sold. This business is worth continuing as evidenced by the R/C value of 1.25.
